Rabu 13 Sep 2023 08:00 WIB

6 Hal yang Perlu Dilakukan Dynamic Island di iPhone 15

Saat peluncuran, Apple khusus soroti fitur utama Dynamic Island.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Indira Rezkisari
Display produk baru Apple iPhone 15 di Apple Park Cupertino, California, AS, Selasa (12/9/2023).
Foto:

Airdrop

Dynamic Island dapat berfungsi sebagai slot yang selalu ada melalui konten AirDrop Anda, artinya Anda tidak perlu membuka menu berbagi, namun cukup menggeser media ke slot di bagian atas layar untuk memulai proses pencarian AirDrop.

Multitasking

Layar iPhone terlalu kecil untuk memungkinkan dua aplikasi berdampingan. Mungkin Dynamic Island bisa mengubahnya. Apple sudah memberikan akses cepat ke pengalaman seperti pengatur waktu dan kalkulator dari Pusat Kontrol, tapi bayangkan bisa memasukkan hampir semua aplikasi ke Dynamic Island di mana aplikasi itu ada, melayang di atas aplikasi utama apa pun yang sudah Anda buka, di layar.

Bayangkan memiliki Kalkulator saat mengerjakan dokumen Numbers, Excel, atau Google Sheets, atau menjalankan Translate saat video berbahasa asing diputar, atau dapat melihat obrolan Twitch Anda saat streaming Genshin Impact.

Tap-for-time

Kini, saat menonton video layar penuh di iPhone, salah satu cara termudah untuk memeriksa waktu (atau notifikasi Anda) adalah dengan menggeser Pusat Notifikasi dari kiri atas layar ke bawah, tapi hal itu langsung menghentikan konten apa pun yang diputar di layar dan mengaburkannya dari pandangan sehingga membuat Anda kehilangan momen.

Menambahkan gerakan satu ketukan ke Dynamic Island sambil menonton video layar penuh (atau saat bermain gim) yang menampilkan jam kecil (dan mungkin jumlah notifikasi) sebentar, akan membantu mencapai tujuan yang sama sekaligus mempertahankan imersi media Anda dengan lebih baik.

Context-Aware Tools

Meskipun perbandingan antara Dynamic Island dan Touch Bar yang bernasib buruk dari MacBook Pro tahun 2021 kemungkinan besar akan ditanggapi dengan keraguan, fleksibilitas Touch Bar yang peka konteks— menyajikan alat khusus untuk aplikasi apa pun yang terbuka— adalah ciri Dynamic Island bisa dengan mudah dirangkul.

Bayangkan home tetap untuk alat utama aplikasi favorit Anda: kontrol font saat menulis di Notes, pop-out media controls saat menonton Netflix, YouTube atau Spotify, kemampuan untuk mengubah panggilan FaceTime menjadi panggilan Group FaceTime hanya dengan kontak yang disarankan hanya berjarak beberapa ketukan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement