Senin 11 Sep 2023 13:43 WIB

Jelang Ajang Wonderlust Apple 2023, Siapkan Dompet untuk Menyambut Deretan Produk Ini

Acara Wonderlust Apple akan berlangsung di Teater Steve Jobs.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Acara Wonderlust Apple akan berlangsung di Teater Steve Jobs pada Selasa (12/8/2023) dan disiarkan secara daring.
Foto: EPA-EFE/WU HAO
Acara Wonderlust Apple akan berlangsung di Teater Steve Jobs pada Selasa (12/8/2023) dan disiarkan secara daring.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Acara Wonderlust Apple akan berlangsung di Teater Steve Jobs pada Selasa (12/8/2023) dan disiarkan secara daring. Berikut ini semua yang dapat Anda harapkan dari acara tahunan Apple ini. 

 

Baca Juga

1. Seri iPhone 15 dan 15 Plus. 

Menurut Mark Gurman dari Bloomberg, yang memiliki catatan solid dalam meliput kebocoran Apple, iPhone 15 dan 15 Plus pada dasarnya akan menjadi iPhone 14 Pro yang dikemas ulang tanpa kamera telefoto atau bodi baja tahan karat. Ponsel baru ini akan mewarisi kamera utama 48MP dan chip A16 dari 14 Pro. Di bagian luar, kedua ponsel akan menukar notch tampilannya dengan cutout Dynamic Island yang juga memulai debutnya pada 14 Pro dan 14 Pro Max. 

Dilansir CNET, Senin (11/9/2023), meskipun ada penambahan Dynamic Island, jangan berharap pada perubahan lain pada layar. Analis tampilan Ross Young mengatakan dalam postingan pada September 2022 di X bahwa dia tidak mengharapkan model dasar iPhone 15 mendapatkan refresh rate seperti iPhone Pro Apple. 

Menurut laporan Mei oleh ChargerLab, situs web spesialis baterai dan pengisian daya dengan rekam jejak rumor yang stabil, keempat model iPhone 15 akan mendukung pengisian daya nirkabel yang tidak memerlukan aksesori Apple MagSafe berlisensi. Namun perubahan terbesar yang diharapkan untuk iPhone 15 hingga iPhone 15 Pro Max adalah peralihan dari konektor Lightning. 

Kemungkinan besar didorong oleh tekanan dari Uni Eropa (UE), yang mengesahkan undang-undang yang mengadopsi USB-C sebagai standar pengisian daya umum, seri iPhone 15 akan memiliki port USB-C, bukan port Lightning. Terakhir kali Apple mengganti port daya iPhone adalah pada tahun 2012, ketika Apple meluncurkan port Lightning pada iPhone 5, yang berarti akhir dari konektor iPod 30-pin lebar yang sebelumnya digunakan. 

Agak samar bagaimana tepatnya Apple akan menangani hal ini, seperti apakah USB-C akan ada di semua iPhone baru secara global atau hanya di UE. Tetapi kemungkinan besar semua model iPhone baru akan dijual dengan port USB-C di masa mendatang. 

Ponsel iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max. Dari semua yang diharapkan Apple untuk diumumkan, iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max mungkin mengalami perubahan terbesar. Menurut Gurman dari Bloomberg, baja tahan karat sudah tidak ada lagi, dan rangka model Pro akan dibuat dari titanium. 

Pergeseran material dapat membantu mengurangi bobot keseluruhan setiap ponsel, yang cukup besar bahkan tanpa casing. iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max kemungkinan akan mendapatkan chip baru bernama A17 yang dilengkapi prosesor super kecil 3 nanometer, silikon terkecil Apple hingga saat ini. Di bagian depan, kedua ponsel kemungkinan akan memiliki bezel layar yang lebih tipis. 

Perubahan terbesar pada model Pro adalah port USB-C, yang berbeda dari 15 dan 15 Plus biasa yang dapat mendukung kecepatan data lebih cepat untuk hal-hal seperti mentransfer file dan file video ProRes. iPhone 15 Pro Max mungkin mendapatkan kamera telefoto optik 6x baru. 

Ming-Chi Kuo, analis Apple terkemuka di TF International Securities, memperkirakan iPhone 15 Pro Max akan memiliki lensa periskop dan unit kamera yang dipasang horizontal di dalam bodi ponsel, mirip dengan yang ada di Pixel 7 Pro, Galaxy S23 Ultra, dan Sony Xperia 1 V.

Menggandakan zoom optik asli dari 3x menjadi 6x akan memungkinkan Anda mengambil foto yang diperbesar dengan detail, resolusi, dan rentang dinamis yang lebih baik dibandingkan dengan zoom digital 6x pada iPhone 14 Pro saat ini.

Laporan Kuo juga mengisyaratkan kedua model Pro memiliki tombol volume dan daya solid-state, yang selanjutnya akan membedakannya dari 15 dan 15 Plus biasa. Tombol-tombolnya tidak bersifat mekanis dan akan lebih mirip dengan area sensitif sentuhan yang pertama kali diperkenalkan pada iPhone 7 dan berfungsi seperti "tombol beranda" berkat beberapa umpan balik haptik yang cerdas. Pada tahun 2018, HTC U12 memiliki tombol solid-state, bukan tombol mekanis; namun, pengalaman menggunakannya tidak terlalu bagus.

Rumor lain yang muncul adalah MacRumors, yang menemukan kode dalam versi beta iOS 17 yang menjelaskan fungsionalitas tombol tindakan seperti yang ada di Apple Watch Ultra. Penambahan perangkat keras seperti itu akan menjadi yang pertama bagi Apple, dan tombol tindakan iPhone akan ditujukan untuk tugas-tugas yang lebih berorientasi pada ponsel seperti pintasan atau memicu rana kamera. 

 

2. Apple Watch Series 9 dan Apple Watch Ultra 2. 

Dalam pembaruan yang tidak terlalu ambisius, tampaknya Apple Watch reguler berikutnya kemungkinan akan menjadi versi Apple Watch Series 8 yang relatif sederhana dari tahun ke tahun. Series 9 mungkin hadir dalam warna baru. 

Seperti dilaporkan MacRumors, berdasarkan postingan pengguna X/Twitter ShrimpApplePro, Apple Watch Series 9 kemungkinan akan hadir dalam warna merah muda baru. Series kemungkinan akan ditenagai oleh chip S9 baru, yang oleh Gurman dari Bloomberg, diposting ke saluran Power On Discord-nya pada bulan Mei, digambarkan membawa peningkatan pada kinerja dan efisiensi. Itu adalah cara lain untuk mengatakan bahwa masa pakai baterai mungkin lebih baik. 

Kita mungkin akan melihat Apple Watch Ultra versi generasi kedua. Jam tangan kokoh ini memulai debutnya tahun lalu, dan versi barunya dapat menghadirkan chip yang lebih cepat serta hadir dalam lapisan titanium hitam, menurut postingan X/Twitter oleh ShrimpApple Pro. Ultra versi hitam mungkin terlihat luar biasa. 

Hal lainnya, casing AirPods mungkin memiliki versi baru dengan konektor USB-C. iOS 17 dan WatchOS 10 kemungkinan akan mendapatkan tanggal rilis resmi. CNET tidak dapat membayangkan Apple akan melewatkan kesempatan untuk memperbarui kabar headset Vision Pro yang diumumkan pada bulan Juni di WWDC kepada semua orang. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement