Rabu 13 Sep 2023 08:00 WIB

6 Hal yang Perlu Dilakukan Dynamic Island di iPhone 15

Saat peluncuran, Apple khusus soroti fitur utama Dynamic Island.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Indira Rezkisari
Display produk baru Apple iPhone 15 di Apple Park Cupertino, California, AS, Selasa (12/9/2023).
Foto: EPA-EFE/JOHN G MABANGLO
Display produk baru Apple iPhone 15 di Apple Park Cupertino, California, AS, Selasa (12/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Dynamic Island, perpaduan perangkat keras dan perangkat lunak yang menggantikan kedudukan khas iPhone lama, memulai debutnya pada iPhone  14 Pro dan iPhone 14 Pro Max tahun 2022. Saat peluncuran, Apple memberikan Dynamic Island sebuah showreel khusus yang dirancang untuk menyoroti fitur-fitur utama yang unik yang ditambahkannya ke pengalaman iPhone yang sudah ada.

Namun sejak itu, dilansir CNET, Rabu (13/9/2023), rasanya segalanya menjadi sedikit basi. Kegembiraan terbesar pasca-peluncuran berkisar pada pengembang aplikasi pihak ketiga yang menambahkan dukungan Dynamic Island ke dalam aplikasi mereka yang sudah ada, sementara ada juga segelintir orang yang telah bergabung secara eksplisit untuk mengembangkan pengalaman baru dengan mempertimbangkan Dynamic Island.

Baca Juga

Sedangkan untuk Apple sendiri, berdasarkan apa yang Techradar ketahui dari iOS 17 menjelang rilis penuhnya, tampaknya tidak banyak fungsi baru yang hadir di Dynamic Island tersebut. Selain beberapa penyesuaian pada tampilan AirDrop, SharePlay, dan aplikasi Jam, sepertinya Apple tidak menganggap tambahan paling unik pada iPhone selama bertahun-tahun, memerlukan banyak penyesuaian pada satu generasi.

Techradar menggunakan iPhone 14 Pro Max selama berbulan-bulan dan menyisir jalinan pendapat dari para apresiator Dynamic Island lainnya, tampaknya ada sejumlah fungsi yang sudah ada tetapi saat ini bukan merupakan fitur pertama dan seharusnya ada, atau ide yang menimbulkan pertanyaan “mengapa (Dynamic Island) belum melakukan hal ini?”

Berikut adalah beberapa fitur utama yang dapat dan harus ditambahkan Apple ke dalam repetisi Dynamic Island untuk membuatnya sedikit lebih dinamis.

Clipboard

Clipboard pada iPhone selalu menjadi kekosongan sementara yang berfungsi untuk menyimpan teks sementara (dan baru-baru ini gambar) saat Anda berpindah antara aplikasi dan pesan, mencari tempat tambahan untuk berbagi salinan atau konten Anda.

Namun, bagaimana jika Dynamic Island menjadi rumah baru bagi clipboard di iPhone? Ini masih dapat mempertahankan sifat sementaranya -dihapus setiap kali Anda menyalakan ulang perangkat atau mungkin setelah jangka waktu tertentu— tetapi dapat dibuat menjadi ruang di mana pengguna dapat benar-benar melihat dan berinteraksi, tanpa perlu segera membagikannya.

Clipboard dapat diakses dengan menekan lama Dynamic island ketika iOS mendeteksi ada Kotak teks atau folder untuk menempelkan salinan dan konten Anda. Ketika Anda sudah selesai melakukannya untuk saat ini, mengetuk di luar jendela ini akan melipat kembali dimensi saku clipboard saat dimasukkan kembali ke Dynamic Island seperti surat yang memasuki slot surat.

Notifications

Sejak Apple beralih dari iPhone yang dilengkapi tombol beranda ke desain semua layar, yang memulai debutnya pada iPhone X, iOS harus mengkonfigurasi ulang dirinya untuk menempatkan Pusat Pemberitahuan di balik gesekan ke bawah dari kiri atas layar, sementara Pusat Kontrol dipindahkan ke kanan atas.

Dengan Dynamic Island yang kemungkinan akan bertahan sampai Apple menemukan cara untuk mengirim kamera dan sensor FaceID di bawah layar (tanpa mengurangi kualitas), ini sebenarnya terasa seperti tempat yang cukup masuk akal untuk menyimpan kembali tempat notifikasi berada. Perubahan ini dapat mengakses Pusat Pemberitahuan dan Kontrol menjadi lebih dapat diprediksi dan diandalkan, serta mengurangi risiko pemanggilan Pencarian Spotlight secara tidak sengaja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement