Selasa 12 Sep 2023 07:09 WIB

Agar Liburan Aman, Begini Cara Mematikan Fitur Lokasi Foto

Kejahatan bisa dilakukan dengan mengecek lokasi terkini seseorang.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Agar nyaman berlibur tanpa diketahui orang lain, Anda bisa mendapatkan privasi ekstra dengan mematikan layanan lokasi di aplikasi Foto. /ilustrasi
Foto: Pxfuel
Agar nyaman berlibur tanpa diketahui orang lain, Anda bisa mendapatkan privasi ekstra dengan mematikan layanan lokasi di aplikasi Foto. /ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Ketika hendak berlibur ke suatu daerah, tentu semua orang ingin merasa aman. Namun dunia teknologi semakin canggih, kejahatan bisa dilakukan dengan cara apa saja termasuk mencari tahu lokasi terkini seseorang untuk merencanakan kejahatan.

Biasanya, ketika pengguna ponsel mengambil foto saat di suatu wilayah, akan muncul lokasinya di Google Foto. Aplikasi ini dirancang untuk berjalan lebih baik di produk Android dan dapat mengenali wajah, hewan peliharaan, dan lokasi pengambilan foto.

Baca Juga

Jika hal itu membuat pengguna tidak nyaman, maka bisa mendapatkan privasi ekstra dengan mematikan layanan lokasi di aplikasi Foto. Dilansir dari Android Police, Selasa (12/9/2023), begini cara mematikannya.

• Buka aplikasi Google Foto dan ketuk gambar profil Anda di pojok kanan atas.

• Pilih Pengaturan Foto, lalu pilih Privasi.

• Ketuk Opsi lokasi.

• Di samping Perkirakan lokasi yang hilang, sentuh tombol sakelar untuk mematikan fitur tersebut.

• Untuk privasi lebih lanjut, pada Hapus perkiraan lokasi yang mungkin menggunakan Riwayat Lokasi, ketuk Hapus. Tindakan ini akan menghapus semua perkiraan lokasi dari riwayat Foto Anda.

 

Kemudian untuk mematikan fitur Temukan Perangkat Saya di Android, kerap ini berguna untuk menemukan perangkat yang hilang. Tapi ini bergantung pada layanan lokasi pengguna untuk melacak di mana perangkat terakhir kali digunakan dan di mana perangkat itu berada saat ini, yang sangat bagus jika kehilangan ponsel atau dicuri.

 

Jika tidak ingin layanan lokasi melacak perangkat ini diaktifkan, maka matikan fitur dengan cara berikut ini.

• Buka pengaturan ponsel Anda, lalu gulir ke bawah dan ketuk Keamanan & Privasi.

• Gulir ke bawah dan ketuk Temukan Perangkat Saya.

• Di samping bagian Gunakan Temukan Perangkat Saya, ketuk tombol sakelar untuk mematikan layanan. Fitur ini berhenti melacak perangkat.

 

Jika layanan pelacakan lokasi Google Foto telah dinonaktifkan, maka ini bisa membuat sedikit lega. Kecuali jika pengguna tidak pernah masuk ke layanan apa pun dan hanya menggunakan ponsel Android secara offline, maka harus bekerja keras untuk merahasiakan lokasi dan data.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement