Senin 20 May 2024 20:01 WIB

Dua Tahun Vakum, Blue Origin Sukses Kirim Enam Orang Berwisata ke Luar Angkasa

NS-25 merupakan misi wisata ketujuh yang dilakukan oleh Blue Origin.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Friska Yolandha
Jeff Bezos meluncurkan Blue Origin setelah vakum dua tahun.
Foto: Blue Origin
Jeff Bezos meluncurkan Blue Origin setelah vakum dua tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan antariksa Blue Origin akan kembali menerbangkan enam orang ke luar angkasa untuk misi wisata bernama NS-25. NS-25 merupakan misi wisata ketujuh dan peluncuran roket ke-25 yang dilakukan oleh Blue Origin.

Identitas dari keenam orang yang akan diterbangkan melalui misi NS-25 telah diungkapkan pada bulan lalu. Salah satu dari peserta tersebut adalah mantan kapten angkatan udara AS, Ed Dwight, yang juga merupakan kandidat astronot berkulit hitam pertama pada 1961.

Baca Juga

Perusahaan antariksa yang dikelola oleh Jeff Bezos ini sebelumnya tidak memberikan informasi terkait tanggal peluncuran misi NS-25. Namun pada awal pekan ini, Blue Origin mengonfirmasi bahwa misi NS-25 meluncur pada Ahad (19/5/2024) jam 09.30 EDT atau di jam 20.30 WIB pada hari yang sama.  

Misi wisata luar angkasa terakhir yang dilakukan oleh Blue Origin berlangsung pada Agustus 2022. Kala itu, misi wisata tersebut juga membawa enam orang penumpang.

 

Melalui misi tersebut, keenam penumpang dibawa untuk melakukan penerbangan suborbital. Jenis penerbangan serupa juga akan dilakukan pada misi NS-25. Secara umum, penerbangan suborbital adalah penerbangan yang mencapai ketinggian luar angkasa namun lintasannya tidak mencapai satu putaran orbit.

Setelah misi wisata pada Agustus 2022, Blue Origin kembali meluncurkan misi penelitian pada September 2022. Namun, misi tanpa awak ini mengalami anomali yang disebabkan oleh kegagalan struktural pada bagian //nozzle// mesin BE-3PM pada roket.

Meski terjadi anomali, kapsul yang diluncurkan dalam misi tersebut berhasil mendarat dengan selamat di daratan dengan parasut. Hanya saja, roket New Shepard yang digunakan meledak sehingga Blue Origin harus melakukan investigasi.

Sekitar satu tahun setelahnya, roket New Shepard diperbolehkan untuk terbang kembali. Roket ini telah meluncurkan misi NS-24 tanpa awak pada Desember 2023. Pekan ini, keenam penumpang dalam misi NS-25 akan menjadi penumpang manusia pertama yang diluncurkan oleh New Shepard sejak insiden ledakan pada 2022.

Berdasarkan informasi yang telah diberikan oleh Blue Origini, berikut ini adalah keenam penumpang dalam misi NS-25, seperti dilansir Space pada Senin (20/5/2024):

  1. Mantan kapten angkatan udara AS, Ed Dwight
  2. Pendiri Industrious Ventures, Mason Angel
  3. Pendiri Brasserie du Mont Blanc, Sylvain Chiron
  4. Pendiri Science Buddies, Ken Hess
  5. Wanita asal Pennsylvania, Carol Schaller
  6. Salah satu pendiri Preserve Life Corp, Gopi Thotakura

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement