Senin 19 Dec 2022 16:33 WIB

Cara Menghapus Akun Gmail dengan Mudah

Ada dua cara utama untuk menghapus akun Gmail Anda secara menyeluruh.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Gmail/ilustrasi
Foto: gadgetlite.com
Gmail/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada banyak alasan yang masuk akal untuk ingin menghapus akun Gmail. Mungkin Anda memiliki terlalu banyak alamat email terpisah dan ingin menggabungkan hanya ke satu alamat email utama.

 

Baca Juga

Dilansir dari Slash Gear pada Senin (19/12/2022), proses menghapus akun Gmail Anda sebenarnya adalah proses yang cukup sederhana meskipun berpotensi permanen.

 

Ada dua cara utama untuk menghapus akun Gmail Anda secara menyeluruh. Keduanya cukup mudah dinavigasi dengan komputer atau perangkat seluler.

Jika Anda hanya ingin menghapus komponen email Google dan terus menggunakan aplikasi Google lainnya seperti YouTube atau Google Pay, Anda dapat menghapus layanan itu sendiri.

 

Metode ini seharusnya tidak memengaruhi akses dan penggunaan aplikasi Google lainnya di komputer atau perangkat seluler Anda. Namun, Anda harus mengaitkan alamat email non-Gmail yang berbeda dengan akun Google untuk benar-benar menyelesaikan proses penghapusan akun Gmail.

 

Hal terpenting yang perlu diperhatikan disini adalah kata "permanen". Setelah Anda melalui proses menghapus akun Gmail Anda, tidak ada jalan untuk kembali.

Semua email Anda tidak akan dapat diakses dan pengaturan akun Anda akan dihapus. Selain itu, nama pengguna Gmail Anda akan dinonaktifkan dan tidak dapat digunakan kembali oleh orang lain termasuk Anda di masa mendatang.

 

Karena itu, sangat disarankan agar Anda mengunduh cadangan data Google Anda (termasuk informasi khusus Gmail) sebelum tidak dapat diambil kembali setelah penghapusan akun selesai.

Anda juga harus memeriksa daftar akun Anda di situs web pihak ketiga seperti platform media sosial atau toko belanja online dan buletin. Serta langganan email yang mungkin Anda miliki yang terkait dengan alamat email Gmail Anda untuk memastikan bahwa Anda mengalihkannya ke akun email yang berbeda dan mempertahankan akses ke semua layanan ini.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement