Senin 28 Aug 2023 13:29 WIB

Bisa Balas Email dengan Emoji, Ini Caranya

Email Microsoft Outlook sudah memiliki fitur serupa.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Gmail Google akan segera memiliki fitur baru yang memungkinkan Anda membalas email dengan emoji./ilustrasi
Foto: Gmail
Gmail Google akan segera memiliki fitur baru yang memungkinkan Anda membalas email dengan emoji./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gmail Google akan segera memiliki fitur baru yang memungkinkan Anda membalas email dengan emoji. Info ini didapat dari kode tersembunyi yang ditemukan di aplikasi Gmail pada perangkat Apple.

Untuk beberapa situasi, menjawab dengan emoji bisa dianggap tampil beda. Emoji juga bisa menjadi opsi lain untuk menghemat waktu atau tidak ingin berkomentar banyak. Sedangkan mengetik rangkaian kalimat membutuhkan waktu lebih. 

Baca Juga

Sebuah emoji dapat mengungkap “Hebat!” atau “Itu lucu!” tanpa mengetik semuanya. Tetapi berhati-hatilah, seseorang tentu tidak ingin mengirim emoji yang salah, terutama jika menyangkut pekerjaan mereka.

Dikutip dari Gizmochina, Senin (28/8/2023), fitur emoji ini sebenarnya bukanlah hal baru. Email Microsoft Outlook sudah memiliki hal serupa. Anda dapat mengetuk wajah tersenyum dan memilih dari enam emoji untuk menunjukkan perasaan Anda terhadap email. 

Terkait perilisan fitur emoji Gmail, hingga saat ini belum tahu kapan waktu perilisan tersebut. Namun, karena kodenya sudah ada, ini bisa terjadi kapan saja. Selain itu, juga tidak diketahui apakah akan ditujukan untuk pengguna Apple dan Android secara bersamaan.

Singkatnya, emoji bukan lagi hanya untuk mengirim pesan kepada teman. Mereka muncul di tempat yang lebih formal seperti email. Dengan kemungkinan Gmail menambahkan fitur ini, mengirim email mungkin sedikit lebih menyenangkan dan lebih cepat. Tapi ingat, ada waktu dan tempat untuk emoji sehingga gunakanlah dengan bijak.

Belum lama ini, Google juga meluncurkan fitur baru untuk Gmail, yaitu dukungan terjemahan di aplikasi seluler Gmail untuk Android dan iOS. Integrasi Google Translate dalam aplikasi Gmail resmi menambahkan fitur yang banyak diminta, yang telah tersedia di desktop selama bertahun-tahun.

Pengguna email terkadang menerima pesan email yang ditulis dalam bahasa yang tidak dapat mereka pahami. Meskipun hal itu sering kali merupakan tanda spam atau niat jahat, mungkin tidak selalu demikian. Mungkin Anda memesan sesuatu dari toko di luar negeri atau menerima permintaan dari seseorang di negara lain. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement