Kamis 30 Nov 2023 02:25 WIB

Akun Gmail Anda Bisa Dihapus Pekan Ini, Kecuali...

Google akan membersihkan jutaan akun Gmail yang tidak aktif.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Google membuat beberapa perubahan besar pada layanan online mereka. Hal ini dapat menyebabkan beberapa orang kehilangan akses penuh ke email Gmail, foto, dan dokumen pribadi mereka.
Google membuat beberapa perubahan besar pada layanan online mereka. Hal ini dapat menyebabkan beberapa orang kehilangan akses penuh ke email Gmail, foto, dan dokumen pribadi mereka.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Google membuat beberapa perubahan besar pada layanan online mereka. Hal ini dapat menyebabkan beberapa orang kehilangan akses penuh ke email Gmail, foto, dan dokumen pribadi mereka. 

Pembaruan dari raksasa teknologi ini bertujuan untuk menghilangkan jutaan akun tidak aktif yang tidak aktif di servernya. Siapa pun yang belum login selama dua tahun akan menyadari bahwa mereka terkena dampak dari pembersihan musim semi virtual (yang dimulai pada bulan Desember).

Baca Juga

Seorang pakar yang berspesialisasi dalam teknologi digital memperingatkan bahwa hal ini dapat menyebabkan beberapa masalah bagi lebih banyak orang daripada yang Anda kira.

Orang tua sering kali berpikir ke depan ketika memiliki anak dan menyiapkan akun Google untuk masa depan mereka. Namun, alat ini kemudian tidak aktif sampai anak cukup umur untuk menggunakannya. 

Ada juga kekhawatiran bagi orang-orang yang menjaga rekening seseorang yang mungkin telah meninggal dunia dengan kenangan berharga yang berisiko hilang.

Melalui LinkedIn, Nicholas Worley, pendiri dan kepala eksekutif platform pengarsipan digital Inalife mengatakan Google akan membersihkan jutaan akun Gmail yang tidak aktif termasuk email, dokumen, spreadsheet, janji temu kalender, foto dan video. "Masuk, simpan, atau buat cadangan semua hal penting kenangan dan cerita!," ujarnya seperti dilansir laman Express, Rabu (29/11/2023).

Jika khawatir, Anda hanya perlu memastikan Anda masuk dan menunjukkan kepada Google bahwa akun tersebut sedang digunakan. Ini termasuk mengirim atau membaca email, menonton video YouTube, menggunakan penelusuran Google, atau menggunakan Google Drive.

Perlu juga dicatat bahwa Google mengatakan akan mengirim pesan kepada pengguna sebelum tindakan apa pun diambil sehingga Anda akan mendapat banyak peringatan.

"Sebelum menghapus akun, kami akan mengirimkan beberapa pemberitahuan selama beberapa bulan menjelang penghapusan, ke alamat email akun dan email pemulihan (jika sudah diberikan)," ujar Google.

Jadi mengapa Google melakukan perubahan besar pada persyaratannya? Perusahaan teknologi tersebut mengatakan bahwa akun-akun yang menua dan tidak aktif jauh lebih mungkin menjadi target para penjahat dunia maya. Hal ini membuat segalanya menjadi lebih tidak aman bagi semua pengguna di seluruh web.

Setelah akun disusupi, akun tersebut dapat digunakan untuk apa saja, mulai dari pencurian identitas hingga vektor konten yang tidak diinginkan atau bahkan berbahaya, seperti spam. “Jika sebuah akun tidak digunakan dalam jangka waktu lama, kemungkinan besar akun tersebut akan disusupi,” tambah Google. 

“Ini karena akun yang terlupa atau tidak dijaga sering kali mengandalkan kata sandi lama atau kata sandi yang digunakan ulang yang mungkin telah disusupi, belum menyiapkan autentikasi dua faktor, dan menerima lebih sedikit pemeriksaan keamanan oleh pengguna.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement