Senin 14 Aug 2023 02:15 WIB

Cara Cepat Atur dan Hapus File di GMail

Anda dapat mengatur dan menghapus file berdasarkan ukuran di Gmail.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Anda dapat mengikuti cara mengosongkan Gmail di desktop dan telepon  seluler sehingga tidak perlu membayar untuk penyimpanan tambahan./ilustrasi
Anda dapat mengikuti cara mengosongkan Gmail di desktop dan telepon seluler sehingga tidak perlu membayar untuk penyimpanan tambahan./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Google memberi pengguna ruang penyimpanan gratis gabungan sebesar 15 GB untuk digunakan antara Google Drive, Gmail, dan layanan Google lainnya, dan ruang tersebut dapat terisi dengan cepat. Saat Anda mendekati batas, Google akan menanyakan, apakah Anda ingin membeli lebih banyak penyimpanan dengan berlangganan Google One.

Anda dapat mengikuti cara mengosongkan Gmail di desktop dan telepon seluler sehingga tidak perlu membayar untuk penyimpanan tambahan. Dilansir dari CNET, Ahad (13/8/2023), Anda  dapat mengatur dan menghapus file berdasarkan ukuran di Gmail di desktop. Berikut langkah-langkahnya:

Baca Juga

Pertama, masuk ke akun Gmail Anda. 

Kedua, ketik has:attachment lebih besar:10MB, misalnya, ke dalam search bar dan tekan Search.

Ini akan menampilkan semua email yang memiliki lampiran lebih besar dari 10 MB, dari yang terbesar hingga yang terkecil. Anda dapat menggunakan format ini untuk memfilter berdasarkan file ukuran lain, bukan hanya 10MB.

 

Ketiga, centang kotak di sebelah kiri setiap email yang ingin Anda hapus, lalu klik ikon Trash di pojok kanan atas layar. Keempat, klik Trash di sisi kiri layar untuk masuk ke menu Trash.

Jika Anda tidak melihat Trash, klik More dan Trash akan berada di menu yang diperluas. Kelima, setelah berada di Trash, klik Empty trash sekarang di bagian atas layar.

 

Selanjutnya, berikut cara mengatur dan menghapus file berdasarkan ukuran di aplikasi Gmail. 

1. Buka aplikasi Gmail Anda dan masuk ke akun Anda. 

 

2. Ketik has:attachment lebih besar: 10MB ke dalam kotak pencarian dan tekan Search.

Ini akan menampilkan semua email yang memiliki lampiran lebih besar dari 10 MB, dari yang terbesar hingga terkecil. Anda juga dapat menggunakan format ini untuk memfilter berdasarkan file ukuran lain, bukan hanya file 10MB. 

 

3. Ketuk email yang ingin Anda hapus.

4. Ketuk ikon tempat sampah di pojok kanan atas layar Anda. 

5. Ketuk < di pojok kiri atas layar Anda. 

6. Ketuk ikon hamburger di pojok kiri atas layar di sebelah Search di mail.

7. Ketuk Trash. 

8. Ketuk Empty trash now. Perhatikan bahwa setelah file masuk ke Trash, file akan dihapus secara otomatis setelah 30 hari.

 

Di sisi lain sangat mudah untuk melupakan mengosongkan folder spam Anda, dan itu dapat mengambil data yang tidak perlu di akun Gmail Anda. Mengosongkan folder spam Anda (dan folder sosial atau promosi Anda) adalah cara lain untuk mengosongkan ruang.

Caranya yaitu, pertama, masuk ke akun Gmail Anda. Kedua, setelah Anda masuk, klik Spam di sisi kiri layar. Jika Anda tidak melihat Spam, klik More dan Spam akan berada di menu yang diluaskan. Ketiga, di folder Spam Anda, klik Delete all spam messages now.

Kemudian, ada juga cara mengosongkan folder spam Anda di aplikasi seluler. Pertama, buka aplikasi Gmail dan masuk ke akun Anda.

Kedua, ketuk ikon hamburger di pojok kiri atas layar di sebelah Search di mail. Ketiga, ketuk Spam. Keempat, Delete all spam messages now atau Empty spam now.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement