Selasa 17 Oct 2023 14:09 WIB

Kiat Mudah Kirim File Besar Lewat Gmail

Ada cara untuk mengirim file dengan ukuran berapa pun di Gmail, tanpa repot.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Ada metode untuk membantu Anda mengirim file besar melalui email di Gmail, baik Anda menggunakan salah satu Chromebook terbaik atau ponsel pintar Android.
Ada metode untuk membantu Anda mengirim file besar melalui email di Gmail, baik Anda menggunakan salah satu Chromebook terbaik atau ponsel pintar Android.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Ingin mengirim file berukuran besar melalui Gmail tetapi terkendala soal kapasitas ukuran file Gmail? Mengirim file berukuran besar lewat email mungkin sedikit mengganggu, terutama di zaman modern. Ini karena Gmail mencegah pengguna menerima atau mengirim file berat sehingga mengacaukan kotak masuk mereka. Namun, ada cara untuk mengirim file dengan ukuran berapa pun di Gmail, tanpa repot.

Melansir laman Android Police, Selasa (17/10/2023), ada metode untuk membantu Anda mengirim file besar melalui email di Gmail, baik Anda menggunakan salah satu Chromebook terbaik atau ponsel pintar Android. Dengan menggunakan metode ini, Anda dapat mengirim file video sebesar 10 GB dan melampaui batas ukuran file 25 MB.

Baca Juga

Sebenarnya, berapa batas ukuran lampiran Gmail?

Menurut Google, pengguna dapat mengirim email dengan lampiran hingga 25MB. Baik Anda mengirim satu file atau beberapa file, file tersebut tidak boleh melebihi batas ukuran file 25 MB. Namun Gmail melakukan sesuatu yang cerdas untuk memungkinkan Anda mengirim lebih dari 25 MB file sebagai lampiran.

Hal yang perlu dipahami di sini adalah bahwa ukuran file 25MB mencakup file Anda dan duplikatnya yang dikodekan. Jadi kenyataannya, Anda hanya mendapatkan 12,5 MB, itu tidak banyak. Dibandingkan dengan penyedia layanan email lainnya, mereka juga memiliki batasan ukuran file email yang serupa. 

 

Bagaimana cara mengirim email dengan file besar di Gmail?

Berbagai cara dapat membantu Anda mengirim email dengan lampiran besar di Gmail. Gmail memberi Anda cara untuk mengirim lampiran berukuran besar tanpa banyak kerumitan. Mari kita lihat berbagai cara.

 

Menggunakan Google Drive di PC

Google Drive adalah solusi penyimpanan cloud dari Google. Ini memungkinkan Anda mengunggah file dan dokumen yang dapat Anda bagikan dengan mudah kepada siapa pun menggunakan tautan. Inilah cara Anda dapat menggunakan Google Drive untuk melewati batasan file lampiran email sebesar 25 MB.

 

1. Buka Google Drive di browser di PC Anda.

2.Tekan tombol New di panel kiri.

3. Pilih opsi File upload atau Folder upload option, berdasarkan apa yang ingin Anda unggah. Jika Anda memiliki beberapa file untuk dikirim, pilih opsi Folder upload.

4. Pilih file dan unggah ke Google Drive.

5. Buka Gmail di browser web favorit Anda.

6. Klik tombol Compose untuk membuat email baru.

7. Klik tombol Insert files using Drive di bagian bawah layar Compose.

8. Pilih file atau folder yang baru saja Anda unggah ke Google Drive dan klik tombol Insert.

9. File atau folder tersebut dimasukkan ke dalam email Anda.

 

Anda dapat menambahkan isi email dan segera mengirim email. Penerima menerima email, yang juga menyertakan tautan ke file tersebut. Mereka dapat mengetuknya dan mengunduh file tersebut.

 

Menggunakan Google Drive di ponsel

1. Setelah Anda mengunggah file ke Google Drive, luncurkan aplikasi Gmail di ponsel Anda.

2. Ketuk Compose di bagian bawah.

3. Ketuk ikon paperclip, yang merupakan singkatan dari Attachment.

4. Pilih Insert from Drive

5. Pilih file besar Anda dari Google Drive dan ketuk Pilih .

6. Tulis email Anda dan kirimkan ke penerima.

 

Tanpa menggunakan Google Drive

Gmail menjadi lebih pintar, dan sekarang Anda tidak perlu mengunggah file berukuran besar ke Google Drive lalu menambahkannya ke email Anda, seperti yang ditunjukkan pada langkah di atas.

Anda dapat mengikuti langkah-langkah pembuatan email seperti biasa, klik tombol Attachment, pilih file besar, dan klik tombol Upload Gmail menampilkan pesan yang mengatakan, "File Anda lebih besar dari 25MB, itu akan dikirim sebagai tautan Google Drive."

 

Menggunakan kompresor file

Ada beberapa perangkat lunak kompresor file yang tersedia di pasaran. Anda dapat menggunakannya untuk mengompresi banyak file, memperkecilnya, dan mengirimkannya melalui email.

Tidak masalah jika Anda memiliki ponsel pintar Android, Chromebook, atau tablet , perangkat lunak kompresor file tersedia untuk semua perangkat. Kami memiliki panduan yang menjelaskan cara Anda dapat membuat zip dan mengekstrak file di Chromebook dan ponsel atau tablet Android.

 

Tinggalkan email dan gunakan layanan berbagi file

Cara efektif untuk berbagi film 4K berukuran besar atau PDF berat adalah dengan menggunakan layanan berbagi file. Ada beberapa layanan berbagi file yang bisa Anda pilih, seperti Mega, OneDrive, Dropbox, dan Terabox. Untuk daftar lengkap dan informasi mendetail, lihat panduan kami, yang mencantumkan beberapa opsi berbagi file dan penyimpanan cloud terbaik .

Layanan apa pun yang Anda gunakan, yang Anda lakukan hanyalah mengunggah file ke platform dan klik tombol kirim. Penerima Anda menerima tautan, yang ketika diklik, mengunduh file dan mereka mendapatkan file yang Anda bagikan. Sesederhana itu, dan menghilangkan kekhawatiran tentang batasan ukuran file.

Versi gratis dari layanan berbagi file ini memiliki keterbatasan. Berbicara tentang Dropbox, Anda dapat mengirim hingga 2.000MB sekaligus. Anda dapat melewati batasan ini dengan memilih paket berbayar.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement