Senin 12 Sep 2022 16:32 WIB

Empat Langkah Mudah Atur Ulang MacBook ke Setelan Pabik

Sebelum melakukan setelan pabrik, pastikan seluruh data di MacBook sudah dipindahkan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
Laptop MacBook. Berikut empat langkah mudah mengembalikan MacBook ke setelan pabrik alias factory reset.
Foto:

Pengaturan ulang pabrik (Factory Reset). Anda perlu memasukkan MacBook Anda ke dalam Recovery Mode untuk menghapus semua data Anda dan menginstal ulang MacOS. Untuk masuk ke Recovery Mode pada Mac berbasis Intel, restart dan segera tekan dan tahan Command-R. Anda dapat melepaskan kunci setelah Anda melihat logo Apple.

Jika Anda sudah mengatur Mac berbasis M1, maka boot ke Recovery Mode sedikit berbeda. Anda cukup menekan dan menahan tombol daya hingga Anda melihat jendela opsi startup, lalu klik Options and Continue untuk masuk ke jendela utilitas.

Selanjutnya, Anda akan melihat jendela MacOS Utilities. Pilih Disk Utility, klik Continue dan pilih startup disk Anda, kecuali jika Anda menamainya ulang, kemungkinan besar berlabel Macintosh HD atau yang serupa. Selanjutnya, klik tombol Erase di bagian atas jendela Disk Utility dan isi dua bidang ini:

Nama: Pilih nama untuk volume baru. Mengapa tidak menggunakan Macintodh HD yang sudah teruji?

Format: Pilih APFS.

Jika Anda mencoba menjual Mac lama yang memiliki hard drive mekanis alih-alih solid-state drive, pilih Mac OS Extended (terjurnal) untuk Format.

Selanjutnya, klik Erase Volume Group dan setelah Disk Utility melakukan tugasnya, keluar dari Disk Utility. Jika Anda tidak melihat tombol Erase Volume Group di pojok kiri bawah, klik tombol Erase di pojok kanan bawah.

 

Anda harus kembali ke jendela MacOS Utilities. Jika tidak, restart Mac Anda lagi, tahan Command -R saat reboot dari jendela MacOS Utilities, pilih Reinstall MacOS dan ikuti petunjuk untuk menginstal sistem operasi. Setelah MacOS diinstal ulang, Anda akan disambut oleh Setup Assistant, yang kemudian dapat Anda keluarkan dan matikan Mac Anda. Sekarang siap untuk memulai awal yang baru dengan pemilik berikutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement