Jumat 12 Apr 2024 19:04 WIB

MacBook M4 Diperkirakan Akan Dirilis Pada Akhir 2024

AI akan menjadi fokus tahun ini dalam pengembangan Macbook M4.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
Apple sudah mempersiapkan pengganti MacBook M3 yang baru saja hadir.
Foto: Dok Apple
Apple sudah mempersiapkan pengganti MacBook M3 yang baru saja hadir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apple sudah mempersiapkan pengganti MacBook M3 yang baru saja hadir. Apple dilaporkan berencana untuk memperbarui Macbooknya dengan prosesor M4 pada akhir 2024, dengan fokus khusus pada peningkatan kinerja kecerdasan buatan (AI) mereka. 

Dilansir T3, Jumat (12/4/2024), waktu munculnya berita ini menarik dan terasa seperti kebocoran strategi. Yakni, beberapa hari yang lalu pers teknologi membicarakan tentang laptop-laptop Microsoft generasi baru, yang akan menampilkan prosesor Snapdragon X Elite dan yang diyakini Microsoft akan mengungguli Mac seperti MacBook Air M3 secara signifikan. 

Baca Juga

Berita ini datang melalui Mark Gurman dari Bloomberg, yang mengatakan bahwa Apple sedang mengerjakan “transisi cepat ke prosesor-prosesor baru.” Sumber-sumber dia adalah orang-orang yang mengetahui masalah ini… yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena rencana-rencana tersebut belum diumumkan.

Jika benar, ini merupakan kabar baik bagi calon pembeli MacBook Pro khususnya, karena kemungkinan besar mereka akan menjadi Mac pertama yang dikirimkan dengan M4. 

Seperti yang telah kita lihat pada prosesor seri M sebelumnya, akan ada beberapa varian untuk tingkat kinerja berbeda. Gurman mengatakan bahwa chip baru ini akan hadir dalam “setidaknya tiga varian”, kemungkinan besar adalah M4, M4 Pro, dan M4 Max, dan Apple bermaksud “memperbarui setiap model Mac dengannya”. 

Jajaran prosesor mencakup versi tingkat pemula yang dijuluki Donan, model yang lebih bertenaga bernama Brava, dan prosesor kelas atas dengan sama sandi Hidra. Yang pertama dari ketiganya adalah untuk MacBook Pro termurah, MacBook Air, dan Mac mini; Brava ditujukan untuk model MacBook Pro yang lebih mahal dan Hidra untuk Mac Pro, yang dapat mendukung memori hingga setengah terabyte. 

AI akan menjadi fokus tahun ini, sejalan dengan acara pengembang WWDC yang akan datang pada Juni mendatang dan kabarnya juga akan menjadi fokus AI yang signifikan dalam sistem-sistem operasi seluler Apple. Menurut Gurman, rencana saat ini, yang mungkin berubah, adalah mulai mengirimkan Mac M4 pada akhir 2024 dan awal 2025. 

Jumlah tersebut merupakan jumlah yang banyak dari Mac M4. Gurman menulis akan ada iMac baru, MacBook Pro 14 inci kelas bawah, dan MacBook Pro 14 inci dan 16 inci kelas atas, serta Mac mini, semuanya dengan chip M4.

Itu baru permulaan. Laporan tersebut mengatakan bahwa Apple juga bermaksud untuk memperbarui MacBook Air 13 dan 15 inci “pada musim semi”, dengan Mac Studio bertenaga M4 di musim panas dan Mac Pro menjelang akhir tahun. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement