Jumat 08 Sep 2023 12:08 WIB

Deretan Laptop Premium Terbaik 2023, Cocok untuk Mahasiswa dan Karyawan

Laptop adalah perangkat teknologi terpenting yang digunakan orang saat ini.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
MacBook Pro menawarkan kinerja lebih baik dan masa pakai baterai lebih lama.
Foto: Techradar
MacBook Pro menawarkan kinerja lebih baik dan masa pakai baterai lebih lama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Laptop adalah salah satu perangkat teknologi terpenting yang digunakan orang saat ini. Baik Anda seorang mahasiswa atau karyawan yang berusaha menyelesaikan pekerjaan rumah, sedang bekerja mengetik dokumen, spreadsheet, atau presentasi, atau hanya seseorang yang ingin mengakses sumber daya daring dan terhubung dengan keluarga dan teman. 

Berikut ini merupakan ultrabook dan laptop premium terbaik 2023, dilansir Tom’s Hardware, Jumat (8/9/2023). 

Baca Juga

 

1. HP Spectre x360 13.5 inci. 

HP Spectre x360 13.5 adalah 2-in-1 konvertibel utama saat ini. Ia menawarkan port Thunderbolt (USB Type-C) dan USB-A, serta layar OLED berwarna-warni dan webcam resolusi tinggi. 

HP menggunakan prosesor Intel Core U-series 15 W di sini, tetapi Tom’s Hardware tidak melihat Spectre kehilangan kinerja, mengalahkan saingan 28W di Geekbench dan Handbrake. Stylus, yang disertakan dengan Spectre, kini terpasang di sisi layar, mirip dengan Microsoft Surface, menjadikannya lokasi yang familier dan mudah terjangkau baik Anda menggunakan perangkat sebagai laptop atau tablet. Ultrabook ini dibanderol dengan harga Rp 25.149.000 di lazada.id. 

 

2. Lenovo Yoga 9i (Gen 8). 

Ini merupakan perangkat 2-in-1 berukuran 14 inci dengan desain portabel yang menarik, layar cerah, dan kombinasi port. Sudutnya yang membulat tidak hanya sekedar bentuk, tetapi juga membuatnya nyaman digunakan, dan masih digunakan untuk Thunderbolt 4 dan USB Type-A. 

Lenovo juga menyertakan stylus di dalam kotaknya, sehingga mereka yang menginginkan opsi untuk membuat catatan dengan tangan atau dengan keyboard tidak perlu membeli aksesori tambahan apapun. Intel Core i7-1360P menawarkan kinerja yang kuat, dengan SSD yang cepat serta benchmark single-core dan multi-core yang kuat. Lenovo Yoga 9i i7-1360P 1TB SSD 16GB Intel Iris Xe Win11 +OHS warna Storm Grey dibanderol dengan harga Rp 24.799.000  (toko Sinarmulia Sukses Makmur di Tokopedia). 

 

3. Macbook Air M2. 

Macbook Air dengan M2 bisa dibilang merupakan perubahan terbesar Apple pada jajarannya sejak diluncurkan, dengan mengabaikan desain irisan bersejarah untuk tampilan yang lebih tipis dan datar. 

Macbook Air M2 adalah Macbook Air pertama yang dirancang untuk Apple Silicon, dan ini tentu saja menarik perhatian. Namun, ada banyak perubahan penting lainnya. Chip M2 kuat dan tahan lama; tampilannya cerah dan jelas; MagSafe, konektor daya magnetis, telah kembali; dan ada webcam 1080p, yang merupakan peningkatan besar, meskipun masih dalam tingkat yang baik. 

MacBook Air M2 didesain tanpa kipas. Jadi, mereka yang melakukan pekerjaan intensif seperti pengeditan atau rendering video perlu mengingat hal ini. Tetapi untuk sebagian besar dokumen, spreadsheet, dan bahkan pengeditan foto dasar, ini berfungsi dengan baik. Macbook Air M2 13,6 inci, M2, 2022 256GB warna silver  dibanderol dengan harga Rp 18,9 juta (website iBox). 

 

4. MacBook Pro (14 inci). 

MacBook Pro generasi kedua Apple di Apple Silicon tidak melakukan terlalu banyak perubahan di bagian luar, tetapi menawarkan kinerja lebih baik dan masa pakai baterai lebih lama. 

Macbook Pro (14 inci) mempertahankan beragam port, termasuk HDMI dan slot kartu SD, serta layar Mini-LED yang cerah dan jelas. Dengan M2 Pro, MacBook Pro 14 inci bertahan lebih dari 14 jam pada pengujian Tom’s Hardware. 

Ini menunjukkan efisiensi yang dapat dicapai Apple dengan silikonnya sendiri. Apple juga menambahkan fitur baru, seperti Wi-Fi 6E, Bluetooth 5.3, dan HDMI yang ditingkatkan. 

Meskipun desainnya tidak berubah, itu berarti Anda juga mendapatkan speaker luar biasa dan keyboard nyaman dengan tombol fungsi ukuran penuh. Namun itu juga berarti masih ada lekukan di layar untuk menampung webcam 1080p, yang mungkin dianggap mengganggu bagi sebagian orang. Macbook Pro (14 inci, M2, 2023) 10 CPU, 16C GPU, 512GB, warna silver, Apple M2 Pro Chip (CPU 10-Core, GPU19-Core) dibanderol dengan harga Rp 35,9 juta (website iBox). 

 

5. HP Pavilion Plus. 

HP Pavilion memberi Anda prosesor Intel terbaru, RAM 16 GB pada 90Hz, layar OLED 2.880 x 1.800. Anda bisa menggunakan perangkat dengan level di bawahnya  untuk desain yang sama, tetapi dengan Core i5, RAM 8GB, dan layar non-OLED. 

Port yang ditawarkan mencakup dua port USB Type-C, dua port USB Type-A, HDMI, jack headphone, dan pembaca kartu microSD. HP Pavilion terbuat dari campuran aluminium dan plastik, memberi Anda kesan premium seperti yang didapat dari notebook yang lebih mahal, meskipun desainnya agak kurang mengesankan.

HP Pavilion PLus 14 Intel Core i7 12700H Gen12 RAM 16GB dibanderol dengan harga Rp 17.795.000 (toko apit storeee di Tokopedia). 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement