Jumat 29 Sep 2023 00:45 WIB

Kabar Baik untuk Pengguna Macbook, Cek Ini Dulu

Apple telah meluncurkan perangkat lunak terbaru untuk semua perangkatnya.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Meskipun versi beta publik MacOS Sonoma telah tersedia selama beberapa waktu, Apple baru-baru ini merilis perangkat lunak ini secara resmi./ilustrasi
Foto: EPA
Meskipun versi beta publik MacOS Sonoma telah tersedia selama beberapa waktu, Apple baru-baru ini merilis perangkat lunak ini secara resmi./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Apple telah meluncurkan perangkat lunak terbaru untuk semua perangkatnya. Pada awal tahun ini, selama Konferensi Pengembang Sedunia, perusahaan ini memperkenalkan iOS 17, iPadOS 17, WatchOS 10, dan MacOS Sonoma.

Kini, dengan peluncuran iPhone terbaru mereka, versi resmi perangkat lunak baru juga telah hadir. Yang terbaru adalah MacOS Sonoma, yang kompatibel dengan tujuh komputer Mac. Meskipun versi beta publik MacOS Sonoma telah tersedia selama beberapa waktu, Apple baru-baru ini merilis perangkat lunak ini secara resmi.

Baca Juga

Dilansir ZDNet pada Kamis (28/9/2023), berikut bagaimana MacOS Sonoma meningkatkan pengalaman sehari-hari pengguna Mac biasa.

1. Widget Desktop

Salah satu fitur menarik yang diperkenalkan oleh MacOS Sonoma adalah widget desktop. Widget ini telah hadir di platform iOS sebelumnya, tetapi sekarang hadir dengan fungsi yang lebih interaktif. Anda dapat menempatkan widget ini langsung di desktop, yang memungkinkan Anda untuk menambahkan Smart Stack, melihat pengingat dan kalender, berbagi lokasi dengan teman-teman, dan menampilkan album foto favorit.

Widget ini juga interaktif, yang berarti Anda dapat mengontrol musik, podcast, dan buku audio, serta menandai pengingat sebagai selesai tanpa harus membuka aplikasi terpisah. Ini sangat membantu dalam membuat daftar belanja daring atau daftar //packing// sebelum pergi berlibur. Lebih lanjut, penggunaan widget ini menjadi lebih kuat saat digunakan bersamaan dengan iPhone melalui fitur Kontinuitas, yang memungkinkan sinkronisasi antara Mac dan perangkat Apple lainnya tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan di Mac.

 

2. Perbaikan Pesan

Mengirim pesan melalui iMessage di MacBook menjadi lebih menyenangkan berkat MacOS Sonoma. Peningkatan signifikan telah diberikan pada berbagai aspek, termasuk fitur pencarian, obrolan grup, koreksi otomatis, prediksi sebaris, dan pencarian pesan milik sendiri.

Kini, Anda dapat menggunakan filter pencarian di Pesan untuk menemukan pesan yang Anda cari dengan lebih mudah. Anda juga dapat menghindari kerumitan mencari pesan dengan kata kunci yang berbeda dengan menggabungkannya dalam satu pencarian. Selain itu, untuk memudahkan navigasi dalam obrolan grup yang panjang, Anda dapat menggunakan panah yang memungkinkan Anda untuk menemukan pesan pertama yang belum Anda baca tanpa harus menggulir ulang obrolan.

Koreksi otomatis juga telah ditingkatkan, sehingga Anda tidak perlu lagi mengulang-ulang kata yang sering dikoreksi. Kata-kata yang dikoreksi otomatis akan digarisbawahi, dan Anda dapat mengembalikannya dengan satu klik.

 

3. Safari yang Lebih Baik

Bagi pengguna MacBook yang menggunakan perangkat ini untuk bekerja dan bermain, MacOS Sonoma memungkinkan Anda untuk membuat beberapa profil penjelajahan. Hal ini membantu Anda memisahkan riwayat pencarian, cookie, tab favorit, ekstensi, dan grup tab yang berbeda.

Anda juga dapat menyimpan situs web favorit di Dock untuk akses yang lebih cepat, menghilangkan kebutuhan untuk membuka Safari, dan mencari situs web yang sering Anda kunjungi. Selain itu, jika Anda sering melakukan pembayaran daring, Anda dapat dengan mudah menambahkan situs-situs tersebut ke Dock untuk akses yang lebih cepat.

Apple juga meningkatkan privasi dengan menambahkan fitur seperti Penjelajahan Pribadi Terkunci, Kontrol ekstensi yang lebih baik, Kunci Sandi untuk ID Apple di web, dan pembatasan pelacakan URL. Bagi pengguna Mac biasa, MacOS Sonoma membawa sejumlah perbaikan dan fitur menarik yang akan meningkatkan pengalaman penggunaan sehari-hari mereka. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement