Senin 12 Sep 2022 16:32 WIB

Empat Langkah Mudah Atur Ulang MacBook ke Setelan Pabik

Sebelum melakukan setelan pabrik, pastikan seluruh data di MacBook sudah dipindahkan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
Laptop MacBook. Berikut empat langkah mudah mengembalikan MacBook ke setelan pabrik alias factory reset.
Foto: EPA
Laptop MacBook. Berikut empat langkah mudah mengembalikan MacBook ke setelan pabrik alias factory reset.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seseorang bisa membeli MacBook baru jika bosan dengan MacBook lama. Tapi sebelum membeli, Anda mungkin bisa mendapatkan uang dengan menjual Mac lama Anda untuk membantu membiayai Mac yang baru.

Sebelum melakukan ini, Anda harus memigrasikan data Anda ke Mac baru dan menghapus yang lama terlebih dahulu. Baik Anda memberikan Mac kepada teman atau anggota keluarga, mendaur ulang, atau menyumbangkannya ke organisasi, Anda pasti ingin menghapus informasi dan file pribadi Anda sebelum berpisah dengannya.

Baca Juga

Ini adalah ukuran keamanan penting yang tidak ingin Anda lewati. Hard drive Mac Anda penuh dengan informasi sensitif yang tidak ingin Anda akses, bahkan jika Anda memercayai pemilik laptop berikutnya. Selalu ada kemungkinan bahwa beberapa malware dapat menyelinap masuk dan mengungkap detail pribadi Anda.

Berikut cara menghapus semua jejak data dan mengembalikan Mac lama Anda ke pengaturan default pabrik, dilansir dari CNET, Senin (12/9/2022).

Keluar dari akun Anda. Setelah memigrasikan data Anda ke Mac baru atau membuat satu cadangan terakhir untuk menyimpan data Anda, inilah saatnya untuk menghapus semua jejak diri Anda dari mesin. Pertama, Anda harus keluar dari semua akun Anda.

Bertahun-tahun yang lalu, ini dilakukan menggunakan iTunes, tetapi Anda sekarang harus keluar satu per satu dari tiga aplikasi: Music, TV, dan Books. Buka salah satu aplikasi tersebut dan buka Account > Authorizations >Deauthorize This Computer. Anda harus memasukkan Apple ID dan kata sandi Anda, lalu tekan tombol Deauthorize.

Selanjutnya, Anda harus mematikan Find My Mac dan keluar dari iCloud. Buka System Preferences > Apple ID, klik iCloud di panel kiri, lalu hapus centang Find My Mac. Selanjutnya, klik Overview dari panel kiri dan kemudian klik tombol Sign Out.

Pemutusan sambungan Bluetooth. Jika Anda mewariskan Mac lama kepada anak Anda atau orang lain di rumah Anda, sebaiknya lepaskan perangkat Bluetooth apa pun darinya sehingga mouse atau keyboard Anda mengontrol Mac baru dan tidak mengganggu yang lama.

Buka System Preferences > Bluetooth, arahkan mouse ke perangkat yang ingin Anda putuskan pemasangannya, klik tombol X di sebelah kanan namanya, lalu klik Remove.

Setel ulang NVRAM. NVRAM adalah memori tempat Mac Anda menyimpan pengaturan yang diperlukan sebelum memuat MacOS: hal-hal seperti resolusi layar, zona waktu, tingkat volume, dan pemilihan disk mulai.

Terkadang file-file ini bisa rusak, jadi berikan pemilik Mac Anda awal yang baru dengan mengatur ulang NVRAM. Untuk melakukannya, matikan Mac Anda, lalu nyalakan dan segera tekan dan tahan empat tombol bersamaan: Option, Command, P, dan R. Anda dapat melepaskan tombol setelah sekitar 20 detik. NVRAM Mac Anda telah diatur ulang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement