Senin 12 Sep 2022 14:19 WIB

Mengenal Teknologi Photonic Engine Apple

Teknologi photonic engine menjanjikan gambar lebih baik saat cahaya kurang baik.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
Apple meluncurkan sesuatu yang disebut Photonic Engine. Ini adalah teknologi kamera iPhone baru yang menjanjikan gambar yang lebih baik dalam kondisi cahaya rendah.
Foto: The Verge
Apple meluncurkan sesuatu yang disebut Photonic Engine. Ini adalah teknologi kamera iPhone baru yang menjanjikan gambar yang lebih baik dalam kondisi cahaya rendah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apple meluncurkan sesuatu yang disebut Photonic Engine. Ini adalah teknologi kamera iPhone baru yang menjanjikan gambar yang lebih baik dalam kondisi cahaya rendah.

Dilansir dari Pocket Lint, Senin (12/9/2922), Photonic Engine adalah teknologi fotografi komputasional dengan nama merek Apple. Ini menggunakan perangkat keras, machine learning, dan perangkat lunak untuk meningkatkan foto Anda, terutama yang diambil dalam pencahayaan yang kurang ideal.

Baca Juga

Photonic Engine tidak menggantikan mode malam. Photonic Engine adalah teknologi yang menyempurnakan foto secara keseluruhan. Itu ada secara terpisah dari Mode Malam.

Bagaimana cara kerja Photonic Engine ?

Keindahan Photonic Engine adalah ia bekerja di latar belakang. Tidak ada pengaturan untuk mengaktifkan. Ini pada dasarnya merupakan perluasan dari teknologi pemrosesan gambar Deep Fusion Apple yang diluncurkan dalam iPhone 11 pada tahun 2019.

Photonic Engine memanfaatkan perangkat keras di dalam iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max , serta menerapkan keajaiban perangkat lunak iOS 16. Hasilnya?

Bidikan Anda yang diambil dalam cahaya sedang hingga rendah harus ditingkatkan secara liar. Apple menyebut Photonic Engine sebagai “lompatan raksasa” untuk fotografi cahaya rendah. Dikatakan Photonic Engine menggunakan machine learning untuk memproses foto berdasarkan piksel demi piksel, yang mengoptimalkan tekstur, detail, dan noise di seluruh gambar.

Apple menjanjikan “peningkatan kualitas yang dramatis”- termasuk dalam warna-tetapi detail halus itu tidak akan terpengaruh secara negatif.

Perangkat keras yang ditemukan di jajaran iPhone 14 juga penting untuk Photonic Engine. Kamera utama, kamera telefoto, dan kamera TrueDepth pada iPhone terbaru semuanya telah ditingkatkan secara dramatis dari iPhone 13 sehingga kinerjanya hingga dua kali lebih baik, menurut Apple. Sementara itu kamera ultra-wide tampaknya mendapat manfaat dari kinerja hingga tiga kali lebih baik dalam kondisi kurang cahaya.

“Melalui integrasi perangkat keras dan perangkat lunak yang mendalam, Photonic Engine meningkatkan kinerja cahaya sedang hingga rendah untuk foto di semua kamera: hingga 2x pada kamera Ultra-Wide, 2x pada kamera TrueDepth, dan 2,5x yang mengesankan pada kamera Utama baru. Photonic Engine memungkinkan peningkatan kualitas yang dramatis ini dengan menerapkan manfaat komputasi Deep Fusion lebih awal dalam proses pencitraan untuk memberikan detail yang luar biasa, dan mempertahankan tekstur yang halus, memberikan warna yang lebih baik, dan mempertahankan lebih banyak informasi dalam sebuah foto,” inilah cara Apple menjelaskan Photonic Engine.

Model iPhone mana yang mendukung Photonic Engine?

Teknologi Photonic Engine hadir di iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement