Senin 21 Feb 2022 19:48 WIB

Setahun di Mars, Rover NASA Bersiap untuk Periksa Kawah Jezero

Kawah Jezero dulunya merupakan danau besar dan delta sungai.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
 Wahana penjelajah Planet Mars, Perseverance kembali menyelidiki batuan di Kawah Jezero di Mars.
Foto:

Tahun Pertama yang Penuh Peristiwa

Perseverance bukan satu-satunya robot NASA yang menjelajahi Kawah Jezero. Rover mendarat dengan helikopter kecil bernama Ingenuity, yang dirancang untuk menunjukkan bahwa eksplorasi udara dimungkinkan di Mars meskipun udara di planet ini tipis.

Ingenuity dikerahkan dari perut Perseverance pada 3 April 2021. Selama lima pekan berikutnya, helikopter seberat 1,8 kilogram melakukan lima penerbangan perintis, yang didukung dan didokumentasikan oleh penjelajah. Semua komunikasi antara Ingenuity dan Bumi disalurkan melalui Perseverance.

Dengan misi utama Ingenuity yang berhasil diselesaikan, Perseverance bebas untuk mulai lebih fokus secara eksklusif pada kebutuhannya sendiri. Rover memulai kampanye sains pertamanya pada awal Juni dan berusaha mengumpulkan sampel pertamanya dua bulan kemudian.

Percobaan pertama itu tidak berjalan dengan baik. Batu target hancur di bawah bor perkusi Perseverance, dan bit yang dihasilkan tidak masuk ke dalam tabung titanium yang ditentukan. Tapi rover itu bangkit kembali dengan cepat, melepaskan inti yang dibor dari batu yang dijuluki “Rochette” pada awal September.

Perseverance telah dibangun di atas kesuksesan awal itu, mengumpulkan lima inti batu lagi hingga saat ini. Secara teknis enam inti ini hanya merupakan tiga sampel, karena tim misi mengumpulkan ulangan di setiap lokasi.

 

Enam inti semuanya tampaknya diambil dari bebatuan yang merupakan bagian dari aliran lava kuno. Hal itu menarik karena batuan vulkanik dapat ditentukan dengan tepat di laboratorium di Bumi. Jadi, begitu sampel Perseverance mendarat di sini-yang bisa terjadi sedini 2031- para ilmuwan akan dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang sejarah dan evolusi Jezero.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement