Senin 25 Dec 2023 22:09 WIB

Helikopter Mars NASA Soroti Biaya Eksplorasi Manusia dalam Gambar Terbaru

Puing di Mars menunjukkan banyaknya sampah yang ditinggalkan dalam misi luar angkasa.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Helikopter Ingenuity Mars tunjukkan sampah-sampah antariksa di Mars.
Foto: nasa
Helikopter Ingenuity Mars tunjukkan sampah-sampah antariksa di Mars.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tahun lalu, helikopter Ingenuity NASA, yang saat ini menghabiskan hari-harinya terbang di atas permukaan planet Mars, menemukan apa yang oleh banyak orang digambarkan sebagai “puing-puing dunia lain’.

Gambar tersebut kembali beredar, tetapi sifatnya tidak asing. Sebaliknya, gambar-gambar tersebut hanyalah sebuah contoh bagaimana umat manusia mencemari alam semesta saat kita mencoba menjelajahinya. 

Baca Juga

Jelas sekali, dilansir BGR, Senin (25/12/2023), tidak mungkin mengirim pesawat ruang angkasa bernilai miliaran dolar ke planet lain tanpa ada sampah yang tertinggal. Foto-foto yang beredar saat ini menunjukkan kumpulan puing-puing di permukaan Mars. Meskipun mungkin tergoda untuk beralih ke penjelasan alien, puing-puing tersebut sebenarnya hanyalah potongan-potongan pendarat yang mengantarkan Ingenuity ke Planet Merah. 

Meskipun ada beberapa poin bagus pada gambar tersebut. Misalnya, mempelajari puing-puing Mars NASA yang ditinggalkan oleh peralatan pendaratan Ingenuity dapat membantu para ilmuwan menemukan cara yang lebih baik untuk mendaratkan pesawat ruang angkasa di planet lain.

Namun, hal ini juga menyoroti biaya eksplorasi manusia yang sangat mahal. Apa pun yang kita lakukan, akan selalu ada tumpukan sampah yang tertinggal setiap kali kita pergi ke planet lain. 

Biaya perjalanan ruang angkasa sudah sangat mahal, mulai dari biaya bahan yang dibutuhkan untuk membuat pesawat ruang angkasa hingga biaya bahan bakar untuk menjalankannya. Tetapi, ketika Anda juga mempertimbangkan berapa banyak sampah yang dihasilkan oleh misi luar angkasa kita di planet-planet ini, sulit untuk tidak mendukung cara-cara yang lebih baik dalam menangani sampah yang ditinggalkan oleh misi tersebut. 

Manusia sudah menempuh perjalanan panjang. Tentu saja, puing-puing NASA di Mars menunjukkan berapa banyak sampah yang kita tinggalkan di Mars.

Namun keberadaan roket yang dapat digunakan kembali telah membantu mengurangi jumlah sampah yang kita hasilkan dalam setiap misi secara eksponensial. Yang perlu dilakukan sekarang adalah mencari cara untuk mendarat di Mars tanpa meninggalkan banyak puing-puing. 

Sayangnya, hal itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Tahun lalu, Perseverance menemukan lebih banyak sampah manusia di Planet Merah, yang juga memicu pembicaraan serupa mengenai penanganan eksplorasi ruang angkasa yang lebih baik. 

Untuk saat ini, gambar-gambar ini akan terus menjadi pengingat akan biaya eksplorasi manusia, serta momen teror yang datang saat menjelajahi planet baru dan mengirim pesawat ruang angkasa ke permukaannya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement