Sabtu 27 Jan 2024 06:58 WIB

Ingenuity Lakukan Penerbangan Terakhirnya Usai Mengalami Kerusakan Rotor, Misi Berakhir!

Ingenuity mengalami kerusakan pada bilah rotor selama lompatan terakhirnya.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
Ingenuity
Foto: nasa
Ingenuity

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Helikopter perintis NASA, Ingenuity, telah melakukan penerbangan terakhirnya di Planet Mars. NASA mengumumkan pada Rabu (25/1/2024), Ingenuity mengalami kerusakan pada bilah rotor selama lompatan terakhirnya dan tidak lagi mampu terbang. 

“Perjalanan bersejarah Ingenuity, pesawat pertama di planet lain, telah berakhir,” kata Administrator NASA Bill Nelson dalam pernyataan agensinya, dilansir Space, Jumat (26/1/2024). 

Baca Juga

Nelson menambahkan helikopter luar biasa itu terbang lebih tinggi dan lebih jauh dari yang pernah kita bayangkan dan membantu NASA melakukan yang terbaik, membuat hal yang tidak mungkin menjadi mungkin. 

“Melalui misi-misi seperti Ingenuity, NASA membuka jalan bagi penerbangan masa depan di tata surya kita dan eksplorasi manusia yang lebih cerdas dan aman ke Mars dan sekitarnya,” ujar Nelson. 

Ingenuity mendarat bersama penjelajah Perseverance NASA di dasar Kawah Jezero Mars pada Februari 2021. Helikopter seberat 1,8 kilogram ini ditugaskan untuk menunjukkan bahwa penerbangan bertenaga listrik memang mungkin dilakukan di Mars meskipun atmosfer planet tersebut tipis. Hal ini segera dilakukan dalam kampanye lima penerbangan pada musim semi itu. 

NASA kemudian memberikan misi tambahan kepada Ingenuity, di mana pesawat rotor berfungsi sebagai pengintai untuk Perseverance yang berburu kehidupan dan mengumpulkan sampel. Ingenuity melakukan 67 penerbangan selama kampanye baru ini, jauh melebihi ekspektasi para ilmuwan dan para insinyur misi tersebut. 

Meskipun misi utama helikopter kecil itu ditargetkan hanya berlangsung selama 30 hari, namun helikopter tersebut tetap beroperasi di permukaan Mars selama hampir tiga tahun. Tetap mengudara selama hampir 129 menit selama 72 penerbangannya di Planet Merah, Ingenuity menempuh jarak sekitar 17,7 kilometer, menurut catatan penerbangan misi tersebut.

Tetapi Ingenuity mengalami beberapa masalah selama penerbangan terakhirnya, yang terjadi pada 18 Januari. Selama serangan itu, “komunikasi antara helikopter dan penjelajah dihentikan lebih awal, sebelum mendarat,” kata NASA dalam sebuah pernyataan.

Tim misi berhasil menjalin kembali kontak dengan Ingenuity, tetapi citra yang dikumpulkan helikopter selama penerbangan 18 Januari mengungkapkan bahwa satu atau lebih dari empat bilah rotornya “mengalami kerusakan saat mendarat,” tulis pejabat NASA dalam pembaruan hari ini.

Meskipun masa terbang Ingenuity telah berakhir, peninggalan helikopter ini tetap terjamin. Pesawat ini telah mendapat tempat yang layak dalam buku-buku rekor eksplorasi umat manusia, dan keberhasilannya di Mars kemungkinan besar akan mengarah pada eksplorasi udara lebih lanjut di Planet Merah.

Memang benar, NASA berencana mengirim dua helikopter mirip Ingenuity untuk membantu Perseverance mengumpulkan sampel-sampel untuk dikembalikan ke Bumi.  Badan tersebut telah mengembangkan helikopter-helikopter yang lebih besar dan lebih mumpuni yang suatu hari nanti dapat melakukan misi sains mereka sendiri di Planet Merah. Jika hari itu tiba, mereka akan berutang budi pada Ingenuity.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement