Selasa 06 Feb 2024 15:42 WIB

Helikopter NASA Ingenuity Mars yang Rusak Terlihat oleh Penjelajah Perseverance

Ingenuity mendarat bersama robot pendampingnya, Perseverance, pada 18 Februari 2021.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Friska Yolandha
Helikopter Ingenuity NASA dan JPL di permukaan Mars seperti yang terlihat oleh kamera Mastcam-Z milik penjelajah Perseverance pada 4 Februari 2024.
Foto: NASA
Helikopter Ingenuity NASA dan JPL di permukaan Mars seperti yang terlihat oleh kamera Mastcam-Z milik penjelajah Perseverance pada 4 Februari 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perseverance Rover NASA mengambil foto rekannya yang rusak, helikopter Ingenuity, saat helikopter itu tampak duduk sendirian di atas bukit pasir. Dalam foto terbaru, helikopter dengan rotor ganda itu terlihat tidak bergerak di atas bukit pasir sebagai latar belakang, sementara lanskap Mars yang tandus dan berbatu memenuhi latar depan.

Foto diambil pada 4 Februari 2024 pukul 13.05 waktu matahari rata-rata setempat, kurang lebih dua pekan sejak ia mengalami kerusakan yang mengakhiri misinya. Ingenuity mengalami kerusakan pada rotornya selama penerbangan pada 18 Januari 2024, saat melakukan pendaratan di lanskap berpasir Mars yang ‘hampa’. 

Baca Juga

Helikopter biasanya menggunakan fitur lanskap seperti batu untuk membantunya bernavigasi, tetapi penerbangan ke-72 itu menemukan drone tersebut tanpa petunjuk visual. Jet Propulsion Laboratory (JPL) masih menganalisis kerusakan pada bilah Ingenuity, namun terlepas dari apa yang ditemukan JPL, misi helikopter itu secara resmi telah berakhir karena tidak lagi bisa terbang.

Ingenuity mendarat bersama robot pendampingnya, penjelajah Perseverance, pada 18 Februari 2021. Saat terbang di langit Mars pada April 2021, Ingenuity membuat sejarah dengan melakukan penerbangan pertama pesawat bertenaga di planet lain.

Duo Ingenuity-Perseverance telah menjelajahi area yang dikenal sebagai Kawah Jezero sejak saat itu, menemukan tanda-tanda perairan kuno di Planet Merah yang mungkin pernah menjadi tempat tinggal kehidupan miliaran tahun yang lalu. Ingenuity berfungsi sebagai pengintai Perseverance, mengidentifikasi area menarik untuk dijelajahi rover.

Dalam beberapa pekan terakhir....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement