Selasa 06 Feb 2024 15:23 WIB

Google Gandeng Deretan Brand Besar Hadirkan Fitur Passcode

Google ingin sepenuhnya menggantikan password dengan passcode.

Rep: Shelbi Asrianti / Red: Friska Yolandha
Ilustrasi passcode. Kunci sandi (passcode) kini mulai kerap digunakan di banyak aplikasi untuk menggantikan kata sandi (password).
Foto: Freepik
Ilustrasi passcode. Kunci sandi (passcode) kini mulai kerap digunakan di banyak aplikasi untuk menggantikan kata sandi (password).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kunci sandi (passcode) kini mulai kerap digunakan di banyak aplikasi untuk menggantikan kata sandi (password). Cara itu terbilang lebih aman karena menggunakan biometrik seperti sidik jari atau pemindaian wajah untuk membuka kunci.

Selain memberikan tingkat perlindungan yang lebih tinggi, kunci sandi juga jadi alternatif yang lebih mudah, sebab pengguna aplikasi tak perlu khawatir melupakan kata sandi dengan susunan huruf dan angka yang rumit. Banyak brand populer telah menggunakan kunci sandi.

Baca Juga

Itu termasuk Adobe, eBay, PayPal, dan TikTok, dan diharapkan ada lebih banyak perangkat yang mendukung autentikasi kunci sandi di masa mendatang. Kini, Google menggandeng deretan brand besar untuk membuat pengguna lebih nyaman memakai opsi kunci sandi.

Dikutip dari laman Android Police, Senin (5/2/2024),  Google ingin sepenuhnya menggantikan kata sandi dengan kunci sandi. Raksasa teknologi ini menyebut fitur tersebut sebagai "alternatif kata sandi yang lebih mudah dan aman", tersedia di ponsel Google Pixel dan tablet Pixel.

Bulan Desember 2023, fitur Pixel mencakup upgrade pada dukungan kunci sandi di "Pengelola Sandi Google". Pembaruan ini menjelajahi akun pengguna yang disimpan di "Pengelola Kata Sandi" untuk menemukan merek dan situs web apa, seperti TikTok dan Uber, yang mendukung kunci sandi.  

Mulai awal Februari 2024, upgrade sudah tersedia bagi pengguna Pixel 8 terbaru sampai Pixel 5a lama, serta tablet Pixel. Metode masuk ke aplikasi yang baru ini telah digunakan oleh banyak merek, seperti Adobe, Best Buy, DocuSign, eBay, Kayak, Money Forward, Nintendo, PayPal, Uber, Yahoo! Jepang, dan dalam waktu dekat, TikTok.

Kunci sandi berfungsi serupa dengan....

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement