Selasa 01 Feb 2022 11:06 WIB

Jelang Imlek, China Pamer Video Selfie Pesawat Luar Angkasa di Mars

Video terbaru diambil dengan kamera yang terpasang pada Tianwen-1.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Tepat pada 1 Januari 2022, China merilis sejumlah foto planet Mars hasil yang merupakan buah dari Misi Tianwen-1
Foto: cnsa
Tepat pada 1 Januari 2022, China merilis sejumlah foto planet Mars hasil yang merupakan buah dari Misi Tianwen-1

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Pengorbit Mars pertama China, Tianwen-1, memamerkan perjalanannya mengelilingi Planet Mars dalam video swafoto yang baru dirilis menjelang Tahun Baru Imlek. Klip singkat, yang dirilis Senin (31/1/2022) oleh Administrasi Luar Angkasa Nasional China (NCSA), menunjukkan sebagian besar tubuh pesawat ruang angkasa, mesin, dan susunan surya yang meningkat melalui ruang angkasa, dengan sebagian permukaan Mars muncul di latar belakang.

Dilansir dari The Verge, Selasa (1/2/2022), pengorbit Tianwen-1 telah mengitari Mars selama hampir satu tahun sekarang. Setelah diluncurkan dari China pada Juli 2020, kendaraan itu masuk ke orbit planet Mars pada Februari 2021.

Baca Juga

Pesawat ruang angkasa itu adalah misi pertama China yang berhasil mencapai Mars. Tianwen-1 menjadikan negara itu satu dari segelintir negara yang menjelajahi Planet Merah secara robotik. Tianwen-1 datang ke Mars digabung bersama dengan pendarat dan penjelajah. Keduanya berhasil mendarat di permukaan planet pada Mei tahun lalu.

Biasanya, China cukup tertutup  dalam hal misi luar angkasanya. Mereka hanya merilis informasi terbatas tentang peluncuran dan pesawat ruang angkasanya.

Tetapi negara tersebut telah merilis beberapa gambar menarik dari misi Tianwen-1 baru-baru ini. Ini bahkan bukan swafoto pertama Tianwen-1.

Pada awal Januari, pengorbit merilis pesawat ruang angkasa kecil dengan kamera di dalamnya, yang mengambil gambar Tianwen-1 dengan Mars yang sangat besar di latar belakang. Tianwen-1 juga mengambil foto dirinya selama transit ke Mars dengan melepaskan pesawat ruang angkasa lain dengan kamera di atasnya yang menangkap kendaraan yang terbungkus kerangka pelindungnya. Video terbaru ini diambil dengan kamera yang terpasang pada Tianwen-1.

Swafoto pesawat ruang angkasa telah menjadi aspek menyenangkan dari misi luar angkasa yang dimasukkan ke dalam kendaraan selama beberapa dekade. Berbagai penjelajah Mars NASA, termasuk Curiosity dan perseverance, telah menciptakan mosaik swafoto yang indah dari diri mereka sendiri dan lanskap Mars. Penjelajah China juga mengambil foto dirinya di permukaan Mars setelah mendarat tahun lalu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement