Kamis 13 Jan 2022 07:43 WIB

Robot-Robot Canggih di CES 2022, Pengantar Makanan Hingga Bantu Pertanian

Berkembangnya jaringan 5G membuat teknologi robotik juga semakin berkembang.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Setyanavidita Livikacansera/ Red: Dwi Murdaningsih
Deretan PUDU robot canggih yang diperuntukkan bagi restoran.
Foto:

 

photo
Deretan PUDU robot canggih yang diperuntukkan bagi restoran. - (Dok. Pud)
 

Pudu Robotics

Pudu Robotics, produsen robot layanan komersial, meluncurkan tujuh robot layanannya, termasuk robot pembersih 4-in-1 yang dijuluki Pudu Afra C1, di CES 2022. Menurut pernyataan yang disampaikan perusahaan, Pudu Afra C1 dapat membersihkan ruang secara mandiri, seperti kantor, sekolah, rumah sakit, pabrik, toko kelontong, pusat transportasi umum, bahkan tempat tinggal. Perusahaan juga diharapkan akan memulai debutnya dengan memperkenalkan BellaBot yang merupakan bot pengiriman makanan. 

Carbon Origins

Skippy, robot pengantar makanan dari platform realitas virtual Carbon Origins, resmi memulai debutnya di CES. Carbon Origins pun mendemonstrasikan bagaimana pengiriman makanan diselesai kan melalui gabungan kecerdasan buatan (AI), dan machine learning. Di CES, Carbon Origins juga memperkenalkan, Skipsters yang merupakan operator realitas virtual dari seluruh dunia yang akan melatih para bot melakukan tugas pengiriman makanan dari jarak jauh. 

UBTech

Perusahaan robotika AI dan humanoid UBTech juga memperkenalkan lini robot perawatan kesehatannya di CES 2022. Yang pertama adalah mesin self-driving yang dirancang agar konsumen tidak lagi memerlukan alat transportasi ketika akan bepergian.

Kursi tersebut dapat bertemu dengan pengguna, kemudian menawarkan mobilitas lokal, dan kembali ke stasiun pengisian daya terkait, semuanya secara mandiri. Kemudian, ada pula robot Care Delivery Assistance perusahaan. Robot ini menawarkan kemampuan konferensi video kepada pengguna untuk mendukung layanan telehealth. Tak sebatas layanan kesehatan, mesin ini juga dapat menawarkan pilihan hiburan dan teman mengobrol kepada para penggunanya.

Terakhir, UBTech juga memperkenalkan robot Powered Walk Assist-nya. Ini merupakan robot otonom yang menawarkan bantuan berjalan terpandu kepada pengguna menggunakan peta visual. Robot ini juga dilengkapi komponen pelacakan biometrik untuk memantau kesehatan pengguna. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement