Selasa 11 Jan 2022 02:09 WIB

Eksplorasi Teknologi Rumah Pintar Hingga Hiburan di CES 2022

CES Memberikan gambaran besar bagaimana warna-warni industri teknologi setahun ke dep

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Seorang wanita berbaring di meja pijat robot di stan Massage Robotics selama pameran teknologi CES, Rabu, 5 Januari 2022, di Las Vegas.
Foto: ap/Joe Buglewicz/FR171646 AP
Seorang wanita berbaring di meja pijat robot di stan Massage Robotics selama pameran teknologi CES, Rabu, 5 Januari 2022, di Las Vegas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pameran Consumer Electronic Show 2022, di Las Vegas, Amerika Serikat (AS) usai digelar. Meskipun terjadi beberapa vendor yang mengundurkan diri akibat gelombang omicron, perusahaan teknologi besar dan kecil masih tetap muncul secara hibrid dan memperkenalkan beragam produk baru.

Berbagai inovasi yang diperkenalkan di ajang kali ini pun, memberikan gambaran mengenai seperti apa serbaserbi industri teknologi setahun ke depan. Beberapa produk unggulan yang diperkenalkan di ajang ini, antara lain:

Baca Juga

photo
Seseorang memakai perangkat pemetaan otak dan terapi LED iSyncWave EEG di stan iMediSync selama pameran teknologi CES Kamis, 6 Januari 2022, di Las Vegas. - (AP/Joe Buglewicz/FR171646 AP)

Rumah Pintar

Salah satu tema utama CES 2022 adalah fokus pada penyederhanaan pengalaman rumah pintar. Beberapa perusahaan pengembang teknologi rumah pintar pun memanfaatkan CES untuk memperkenalkan berbagai pengembangan yang telah dilakukan perusahaan, salah satunya Arlo.

Sistem keamanan baru Arlo memecahkan salah satu masalah terbesar dalam memantau rumah, yakni sensor eksklusif. Sebagai gantinya, Arlo hadir dengan fitur baru, multi-sensor all-in-one yang dapat ditautkan ke salah satu dari delapan fungsi berbeda.

Fitur ini pun memiliki kemampuan mengenali gerakan, jendela dibuka, kebocoran air, alarm asap, dan banyak lagi. "Sistem multi-sensor all-in one yang menonjol menyederhanakan kehidupan konsumen dengan keserbagunaannya. Sehingga, memastikan mereka dapat meminta satu sensor cerdas untuk menangani berbagai kasus penggunaan," kata Tim Johnston selaku SVP Produk Arlo, dikutip dari Tech Times, pekan lalu.

Selain itu, Johnston melanjutkan, sistem ini bekerja secara mulus dengan perangkat kamera keamanan yang ada di rumah. Pengguna pun bisa mendapatkan fitur yang lengkap dengan penawaran kompetitif.

Di CES 2022 ada pula bola lampu yang dapat melacak kualitas tidur dan detak jantung penggunanya. Dengan teknologi radar baru yang inovatif, bola lampu terbaru dari Sengled ini, dapat mengukur beberapa tanda vital siapa pun yang berada dalam jangkauan. Mulai dari statistik kualitas tidur, detak jantung, dan suhu tubuh. Selain itu, bola lampu ini juga dapat mengetahui ketika seseorang jatuh di dalam ruangan dan secara otomatis meminta bantuan.

 

Untuk kategori rumah pintar, Panasonic juga membuat alat terbaru yang memungkinkan konsumen memasak popcorn dengan berbicara dengan Alexa. Smart Countertop Microwave Oven ini dapat bekerja dengan asisten suara Amazon. Setelah mengatur perangkat, konsumen pun cukup berbicara dengan microwave untuk melakukan lebih dari 100 fungsi dari jarak jauh.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement