Rabu 05 Jan 2022 14:40 WIB

Misi Luar Angkasa yang akan Diluncurkan 2021, ke Bulan Hingga Mars

Tahun ini, Rusia merencanakan misi tak berawak ke bulan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Badan Antariksa AS (NASA) telah mulai merakit roket Space Launch System (SLS) pertama di platform peluncuran misi Artemis.
Foto:

Misi menuju Mars

Rusia dan Badan Antariksa dan Badan Antariksa Eropa juga merencanakan misi ke planet merah dengan ExoMars 2022. Dijadwalkan untuk diluncurkan pada September, pesawat ruang angkasa akan bergabung dengan mitranya-Trace Gas Orbiter, yang diluncurkan pada 2016. Misi ini akan dalam mencoba menjawab pertanyaan apakah Mars pernah menyimpan kehidupan.

Misi berisi rover (yang disebut Rosalind Franklin) serta platform Rusia yang akan berfungsi sebagai pangkalan yang disebut Kazachok. Rover akan menjelajahi permukaan planet untuk mencari tanda-tanda kehidupan yang potensial, serta mengumpulkan sampel. Pesawat ruang angkasa itu dijadwalkan diluncurkan pada 20 September dengan tanggal pendaratan 10 Juni 2023.

Peluncuran pesawat luar angkasa SpaceX

Hal lain yang harus diperhatikan adalah peluncuran SN20, pesawat luar angkasa monster SpaceX yang diharapkan CEO Elon Musk suatu hari akan mengangkut orang ke Mars. Peluncuran dan pendaratan pertama Starship yang sukses adalah SN15 pada 21 Mei 2021 di mana ketinggiannya mencapai 10 km.

Tapi peluncuran ini akan menjadi ujian besar. Tidak hanya akan duduk di atas roket Super Heavy perusahaan itu juga akan mencoba untuk menyelesaikan orbit Bumi, jatuh di dekat Hawaii.

 

Secara keseluruhan, ketika Starship ditumpuk (Starship dan booster), itu akan berukuran 120 meter, lebih tinggi dari roket Saturn 5 yang membawa manusia ke bulan. Peluncuran dijadwalkan pada Maret.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement