Senin 01 Apr 2024 18:01 WIB

Penjelajah Bulan Mini NASA Lakukan Uji Coba Jelang Peluncuran Bulan Pribadi 2025

Penjelajah mini bulan terbang secara kolektif memetakan permukaan bulan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Penjelajah-penjelajah bulan mini NASA melakukan uji coba menjelang peluncuran bulan pribadi pada tahun 2025.
Foto: Laptrinhx.
Penjelajah-penjelajah bulan mini NASA melakukan uji coba menjelang peluncuran bulan pribadi pada tahun 2025.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penjelajah-penjelajah bulan mini NASA melakukan uji coba menjelang peluncuran bulan pribadi pada tahun 2025. Mereka akan segera terbang ke bulan dan secara kolektif memetakan permukaan bulan. 

Dilansir Space, Senin (1/4/2024), penjelajah-penjelajah tersebut  merupakan bagian dari demonstrasi teknologi yang disebut Cooperative Autonomous Distributed Robotic Exploration (CADRE). CADRE dirancang untuk menunjukkan bahwa sekelompok robot pesawat ruang angkasa dapat bekerja sama tanpa kendali langsung dari manusia. 

Baca Juga

NASA membawa penjelajah-penjelajah seukuran koper untuk uji coba melintasi Mars Yard di Jet Propulsion Laboratory (JPL) milik badan tersebut untuk mensimulasikan medan terjal yang akan mereka alami di bulan. 

Serangkaian pengujian dilakukan pada Agustus 2023 menggunakan dua model pengembangan skala penuh saat pesawat ruang angkasa masih dalam tahap pembangunan. Menurut pernyataan dari NASA, serangkaian pengujian tersebut memastikan bahwa penjelajah-penjelajah mini CADRE mampu mengemudi secara serempak dan menyesuaikan jalur terkoordinasi untuk menghindari rintangan-rintangan. 

Penjelajah-penjelajah itu akan didukung oleh panel surya dan dilengkapi dengan kamera, sensor, dan radar penembus tanah untuk memetakan permukaan bulan dalam 3D. Selama uji coba pada Agustus 2023, hanya satu model penjelajah yang dilengkapi dengan panel surya pengganti. Dua lainnya mampu membaca tingkat baterai satu sama lain untuk menentukan kapan waktu istirahat diperlukan untuk mengisi ulang susunan tenaga surya mereka sebelum melanjutkan perjalanan bersama. 

Pejabat NASA dalam sebuah pertanyaan bulan ini mengatakan tes tambahan termasuk berkendara malam hari di Mars Yard di bawah lampu sorot berskala besar  untuk mensimulasikan bayangan dan pencahayaan ekstrem yang akan ditemui penjelajah-penjelajah selama siang hari di bulan. 

Setelah pengujian Mars Yard, penjelajah-penjelajah tersebut menjalani uji getaran dan termal pada November 2023 untuk memastikan perangkat keras mereka dapat bertahan dalam perjalanan ke bulan. Sebuah penjelajah dijepit pada shaker table atau meja pengocok khusus yang bergetar hebat ke berbagai arah. Penjelajah itu juga ditempatkan di ruang vakum termal yang mensimulasikan kondisi ruang tanpa udara serta suhu panas dan dingin yang ekstrem. 

Tim juga melakukan pengujian interferensi dan kompatibilitas elektromagnetik pada November 2023 di ruang khusus yang dirancang untuk menyerap gelombang radio. Hal ini menegaskan bahwa subsistem-subsistem elektronik penjelajah tidak mengganggu satu sama lain atau dengan yang ada di pendarat, dan bahwa penjelajah dapat bertahan dari gangguan-gangguan elektromagnetik yang diperkirakan, menurut NASA. 

Pada awal Maret, NASA mengumumkan bahwa konstruksi dan pengujian ketiga penjelajah CADRE telah selesai dan ketiganya siap untuk diintegrasikan dengan pendarat Nova-C dari Intuitive Machines, yang akan mengantarkan penjelajah mini ke permukaan bulan akhir tahun ini atau awal tahun depan sebagai bagian dari misi pendarat bulan ketiga perusahaan, IM-3. 

Para penjelajah akan menjelajahi wilayah Reiner Gamma di bulan, di mana mereka akan menghabiskan siang hari di bulan, atau setara dengan sekitar 14 hari di Bumi, dan bekerja sama untuk mempelajari permukaan bulan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement