Jumat 16 Feb 2024 09:50 WIB

Odysseus, Robot Pendarat Swasta Pertama yang Merintis Misi Bulan 

Odysseus akan mengalahkan NASA yang terakhir kali menginjak bulan setengah abad lalu.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Robot pendarat bulan yang dibuat oleh perusahaan Intuitive Machines yang berbasis di Houston, Texas,  Amerika Serikat (AS), lepas landas dengan roket SpaceX Falcon 9 dari Kennedy Space Center (KSC).
Foto: AP Photo/John Raoux
Robot pendarat bulan yang dibuat oleh perusahaan Intuitive Machines yang berbasis di Houston, Texas, Amerika Serikat (AS), lepas landas dengan roket SpaceX Falcon 9 dari Kennedy Space Center (KSC).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Robot pendarat bulan yang dibuat oleh perusahaan Intuitive Machines yang berbasis di Houston, Texas,  Amerika Serikat (AS), lepas landas dengan roket SpaceX Falcon 9 dari Kennedy Space Center (KSC) NASA di Florida dini hari tadi, Kamis (15/2/2024). Jika semuanya berjalan sesuai rencana, Odysseus akan mendarat di dekat kutub Selatan bulan pada 22 Februari, menjadi pesawat ruang angkasa swasta pertama yang berhasil melakukan pendaratan di bulan. 

Kesuksesan juga akan menjadi masalah besar bagi AS. Pasalnya, negara itu belum pernah mengunjungi permukaan bulan sejak misi Apollo 17 NASA lebih dari setengah abad lalu. 

Baca Juga

“Ini adalah momen yang sangat merendahkan hati bagi kami semua di Intuitive Machines,” Trent Martin, wakil presiden sistem luar angkasa perusahaan tersebut, mengatakan dalam konferensi pers pra-peluncuran pada Selasa (13/2/2024), dilansir Space, Jumat (16/2/2024). 

Martin menambahkan kesempatan untuk mengembalikan AS ke bulan untuk pertama kalinya sejak tahun 1972 menuntut rasa lapar untuk melakukan eksplorasi, dan hal tersebut menjadi inti dari semua orang di Intuitive Machines. 

Falcon 9 lepas landas dari Pad 39A KSC Kamis (15/2/2024) pukul 01.05 EST (pukul 06.05 GMT). Sekitar 7,5 menit kemudian, tahap pertama roket kembali ke Bumi untuk pendaratan vertikal di Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral, yang bersebelahan dengan situs NASA. 

Menurut deskripsi misi SpaceX, itu adalah peluncuran dan pendaratan ke-18 untuk booster khusus ini. Jumlah tersebut hanya satu kekurangan dari rekor penggunaan kembali yang dibuat perusahaan pada bulan Desember lalu. 

Tahap atas Falcon 9, sementara itu,  terus melaju ke angkasa, akhirnya mengerahkan Odysseus ke orbit transfer bulan sekitar 48,5 menit setelah peluncuran sesuai rencana. Pendarat seberat 675 kilogram, kira-kira seukuran bilik telepon Inggris (atau pesawat TARDIS di “Dr Who,” jika Anda penggemar fiksi ilmiah, melakukan kontak pertama dengan kontrol beberapa menit kemudian. 

Odysseus akan segera mulai menuju orbit bulan, sebuah perjalanan yang akan memakan waktu enam hari. Odysseus kemudian akan bersiap untuk upaya pendaratan bersejarahnya, yang akan berlangsung di Malapert A, sebuah kawah kecil sekitar 300 kilometer dari kutub selatan bulan. 

NASA akan menyaksikan percobaan pendaratan ini dengan penuh minat, karena badan antariksa tersebut banyak memanfaatkan Odysseus dan misinya saat ini, yang dikenal sebagai IM-1. 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement