Rabu 05 Jan 2022 14:40 WIB

Misi Luar Angkasa yang akan Diluncurkan 2021, ke Bulan Hingga Mars

Tahun ini, Rusia merencanakan misi tak berawak ke bulan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Badan Antariksa AS (NASA) telah mulai merakit roket Space Launch System (SLS) pertama di platform peluncuran misi Artemis.
Foto: nasa
Badan Antariksa AS (NASA) telah mulai merakit roket Space Launch System (SLS) pertama di platform peluncuran misi Artemis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak fenomena terkait dengan antariksa yang akan terjadi pada tahun 2022. Berikut ini merupakan beberapa peristiwa terkait ruang angkasa 2022 yang menarik perhatian kita, dilansir dari CBC, Ahad (2/1).

Kembali ke bulan

Baca Juga

Manusia terakhir menginjakkan kaki di bulan hampir 50 tahun yang lalu pada Desember 1972. Namun, Badan Antariksa Amerika (NASA) memiliki rencana untuk kembali, dengan dukungan internasional dari Badan Antariksa Kanada dan Badan Antariksa Eropa. Tahap pertama dijadwalkan berlangsung pada 2022.

Program baru ini disebut Artemis. Misi ini akan membawa manusia kembali ke bulan,  termasuk wanita pertama. Tetapi seluruh program akan dilakukan secara bertahap.

Pada misi Artemis 1, penerbangan tanpa awak di sekitar bulan-direncanakan untuk diluncurkan pada musim semi 2022, setelah beberapa penundaan.

Sementara itu, misi Artemis-2 penerbangan awak pertama yang akan mengorbit bulan di jadwalkan Mei 2024. Akan ada astronot Kanada di misi itu.

Tahun ini juga akan menjadi tahun peluncuran roket terkiat sejak Saturn 5 yang pertama kali membawa manusia ke bulan.

Rusia juga berencana untuk pergi ke bulan, dengan pesawat luar angkasa Luna 25 mereka. Ini juga bukan misi berawak, tetapi pendarat akan menjadi yang pertama kembali ke bulan sejak 1976.

Pesawat ruang angkasa akan mendarat di wilayah kutub selatan bulan di mana akan mengumpulkan data tentang es yang membeku secara permanen di bawah permukaan. Luna 25 direncanakan akan diluncurkan pada musim semi.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement