Jumat 05 Feb 2021 12:03 WIB

Kamera HP Pixel Bisa Baca Detak Jantung Pengguna

Fitur monitor detak jantung mengukur pernapasan dengan memantau naik turunnya dada.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Google Pixel 5
Foto:

Monitor detak jantung Google mirip dengan fitur yang disertakan Samsung pada sejumlah smartphone Galaxy model lama, termasuk Galaxy S10. Perusahaan menghapus fitur untuk S10E, S20 dan ponsel yang lebih baru.

Data detak jantung dari aplikasi Google akan kurang komprehensif dibandingkan dengan jenis bacaan yang didapat seseorang dari perangkat wearable, yang dapat terus memantau sesuatu seperti detak jantung saat menjalani kehidupan sehari-hari. Tetapi fitur ini sesuai permintaan masih merupakan alat yang berguna, kata Po dalam pengarahan. “Jika pengguna mengukur detak jantung mereka sepekan sekali, mereka akan mendapatkan banyak manfaat. Mereka akan mendapatkan banyak manfaat dalam melacak apakah detak jantung mereka mungkin meningkat, jika olahraga berhasil,” ujar Po.

Google memilih untuk memasukkan fungsi-fungsi ini ke dalam ponsel pintar agar dapat diakses oleh sebanyak mungkin orang.

“Banyak orang, terutama di kelas ekonomi yang kurang beruntung saat ini, tidak memiliki perangkat yang dapat dikenakan, tetapi masih akan mendapatkan manfaat dari kemampuan untuk melacak laju napas, detak jantung dan lain-lain,” kata Po.

Saat ini, fitur dideskripsikan sebagai alat yang dapat digunakan untuk kesehatan umum. Google tidak mengklaim bahwa mereka dapat melakukan fungsi medis. Itulah sebabnya Google tidak memerlukan izin dari Food and Drug Administration (FDA) untuk menambahkannya ke aplikasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement