Selasa 17 Oct 2023 12:38 WIB

Bingung Mau Ganti Ponsel? Ini Alasan Melirik Google Pixel 8

Pixel 8 mirip dan memiliki pelindung lama yang sama dengan dua pendahulunya.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Google mengumumkan perangkat keras terbarunya, termasuk dua ponsel Pixel 8 terbaru (Pixel 8 dan Pixel 8 Pro) dengan banyak fitur AI yang dimasukkan ke dalamnya.
Foto: Google
Google mengumumkan perangkat keras terbarunya, termasuk dua ponsel Pixel 8 terbaru (Pixel 8 dan Pixel 8 Pro) dengan banyak fitur AI yang dimasukkan ke dalamnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Google Pixel 8 adalah ponsel terbaru musim ini. Hadir dengan tampilan luar yang familiar, Pixel 8 mengemas beberapa peningkatan fitur tambahan di dalamnya dan banyak trik AI terbaru. Ada beberapa alasan mengapa Pixel 8 ini layak dimiliki setiap orang.

Melansir Times of India, Selasa (17/10/2023), secara estetika, Pixel 8 mirip dan memiliki pelindung lama yang sama dengan dua pendahulunya. Meskipun terlihat sama dengan Pixel 7 atau Pixel 6, ada penyempurnaan yang berfungsi dengan baik.

Baca Juga

Sisi-sisinya kini memiliki lekukan yang lebih lebar, dan sedikit lebih kecil dari Pixel 7, membuat ponsel lebih mudah dan nyaman digenggam. Panel FHD+ OLED 6,2 inci, atau Google lebih suka menyebutnya “Actua Display”, memiliki rasio aspek 20:9 dan kecepatan refresh 120Hz, yang ditingkatkan dari 90Hz pada pendahulunya.

Tampilannya terlihat tajam dan lebih menampakkan semangat. Ini juga bisa menjadi cukup terang, hingga 1400 nits dalam mode HDR dan 2000 nits di luar ruangan.

Pixel 8 dan Pixel 8 Pro hadir dengan Android 14, dan disertai dengan serangkaian fitur AI yang eksklusif untuk Pixel 8 dan Pixel 8 Pro, tetapi tidak banyak hal baru di Android 14. Namun ada banyak fitur AI terbaru yang mungkin tidak tersedia di Pixel lama, setidaknya dalam waktu dekat.

Google Foto memiliki trik baru yang dibantu AI, termasuk Audio Magic Eraser untuk menghilangkan kebisingan latar belakang dan Magic Editor untuk menghilangkan gangguan, mengubah pencahayaan, dan menukar latar belakang.

Dan Best Take memungkinkan pengguna mendapatkan ekspresi wajah terbaik dalam foto grup. Asisten Google menjadi lebih pintar dengan integrasi Bard, meskipun hal itu tidak akan hadir dalam waktu dekat. Sekarang, pengguna juga dapat meringkas halaman web, membacanya dengan lantang, dan menerjemahkannya.

Penyaringan Panggilan juga mendapatkan beberapa kecerdasan, sehingga akan jauh lebih baik dalam memblokir panggilan spam dan menyarankan balasan kontekstual.

Mendukung Pixel 8 dan banyak fitur AI-nya adalah chip internal generasi ketiga Google, Tensor G3. Sejarahnya tidak baik bagi Tensor, karena dikenal memiliki kinerja yang di bawah standar, masalah pemanasan, dan yang lainnya. Meskipun tim Times of India sudah memakainya selama sepekan, masalah tersebut belum dirasakan.

Pixel 8 telah bekerja dengan lancar dalam tugas sehari-hari, meskipun bermain gim bukanlah keahlian ponsel ini. Daya tahan baterainya baik, bahkan lebih baik dari Pixel 7.

Pengaturan kamera ganda pada Pixel 8 memiliki sensor 50 MP yang baru dan lebih baik dengan aperture f/1.68, laser mendeteksi fokus otomatis, dan untuk menjaga rekaman tetap stabil, terdapat stabilisasi optik dan elektronik yang berfungsi.

Ultrawide di sini juga ditingkatkan dengan sensor 12MP dengan aperture f/2.2.

Kamera utama menangkap rentang dinamis dan detail dalam jumlah yang baik, dan aperture besar memungkinkan lebih banyak cahaya masuk, sehingga kamera melakukan pekerjaan yang cukup baik bahkan dalam situasi cahaya redup. 

Kamera ultra lebar Pixel lebih lebar dari sebelumnya, dan tetap saja, gambarnya tidak terlihat terlalu terdistorsi. Zoom 2x di sini dipotong secara digital, meskipun terlihat sangat tajam. Meskipun foto telah menjadi andalan ponsel Pixel, videonya masih belum begitu bagus, tapi sekarang tidak lagi demikian. Video yang dihasilkan cukup bagus dari Pixel 8, tidak peduli siang atau malam.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement