Selasa 31 Oct 2023 18:30 WIB

Bermasalah dengan Android 14, Begini Solusi Google

Pembaruan Android 14 telah menimbulkan kekhawatiran bagi beberapa pengguna.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Google telah mengumumkan peluncuran sistem operasi (OS) Android 14, bersama dengan kehadiran ponsel Pixel 8 dan Pixel 8 Pro. Perilisan berlangsung di acara Made by Google di New York City, Amerika Serikat.
Foto: Google
Google telah mengumumkan peluncuran sistem operasi (OS) Android 14, bersama dengan kehadiran ponsel Pixel 8 dan Pixel 8 Pro. Perilisan berlangsung di acara Made by Google di New York City, Amerika Serikat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Pembaruan Android 14 dirilis untuk ponsel Pixel yang kompatibel. Bahkan OEM lain seperti OnePlus, Samsung, Xiaomi, dan lainnya, sedang berupaya menghadirkannya di ponsel dan tablet masing-masing. 

Mengikuti beberapa fitur dan penyempurnaan baru, pembaruan Android 14 telah menimbulkan kekhawatiran bagi beberapa pengguna Pixel yang menghadapi masalah saat mengakses penyimpanan.

Baca Juga

Masalah ini menonjol pada Pixel 6 dan model lebih baru yang memiliki banyak profil di ponsel saat menjalankan Android 14 terbaru. Ponsel yang memiliki profil “pengguna, tamu, profil terbatas, dan pengguna anak-anak tanpa masuk ke akun Google masing-masing dalam pengguna utama atau profil kerja mengalami masalah ini. Menanggapi masalah yang meluas ini, Google memberikan tanggapan tentang upaya perusahaan memitigasi masalah tersebut.

“Masalah ini dapat memicu banyak problem tergantung pada perangkatnya, masalah ini dapat mengakibatkan pengguna utama tidak dapat mengakses penyimpanan media,” demikian kata Google, dikutip dari Gizmochina, Selasa (31/10/2023).

Alternatifnya, masalah ini dapat diatasi dengan me-reboot perangkat dengan pesan “Reset data pabrik”. Jika pesan ini diterima, data yang tidak dicadangkan dapat hilang, dan jika ditolak, perangkat akan melakukan boot ulang berulang kali dengan pesan “Pixel sedang dimulai”.

Google telah meluncurkan pembaruan Sistem Google Play untuk mengendalikan masalah ini. Pengguna dapat menuju ke Pengaturan > Keamanan & Privasi > Sistem & pembaruan > Sistem Google Play untuk mendapatkan pembaruan terkini.

Perusahaan bertujuan untuk memperbaiki masalah ini tanpa memerlukan reset pabrik. Diharapkan ini sampai resolusi penuh untuk perangkat yang terpengaruh terjadi.

“Kami berharap masalah seperti itu tidak terjadi pada smartphone lain seperti Galaxy S23 yang menerima pembaruan One UI 6 berbasis Android 14 hari ini di beberapa negara,” tambah pernyataan tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement