Rabu 25 Oct 2023 15:39 WIB

Saingi Google, Samsung Siapkan Teknologi AI untuk Ponsel Terbaru

Samsung berencana menjadikan ponsel terbarunya menjadi peranti cerdas AI.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
 Samsung memiliki niat untuk menjadikan Galaxy S24, S24 Plus, dan S24 Ultra sebagai ponsel cerdas AI terkemuka yang pernah ada, bahkan mengungguli Google dalam rangkaian Pixel/ilustrasi
Foto: EPA-EFE/YONHAP
Samsung memiliki niat untuk menjadikan Galaxy S24, S24 Plus, dan S24 Ultra sebagai ponsel cerdas AI terkemuka yang pernah ada, bahkan mengungguli Google dalam rangkaian Pixel/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA —Samsung dikabarkan berencana untuk memperdalam eksplorasi di bidang kecerdasan buatan (AI) dibandingkan dengan Google, yang baru saja merilis seri Pixel 8 pada bulan ini. Menurut laporan tersebut, Samsung memiliki niat untuk menjadikan Galaxy S24, S24 Plus, dan S24 Ultra sebagai ponsel cerdas AI terkemuka yang pernah ada, bahkan mengungguli apa yang ditawarkan oleh Google dalam rangkaian Pixel mereka.

Namun, rincian mengenai bagaimana Samsung akan mencapai hal ini masih kabur. Dilansir Trusted Reviews pada Rabu  (25/10/2023), laporan dari situs tersebut menyebutkan bahwa akan ada beberapa fitur yang terinspirasi oleh teknologi seperti ChatGPT dan Google Bard. Ini mungkin termasuk kemampuan pembuatan konten generatif, serta alat teks-ke-gambar yang dikembangkan secara internal oleh Samsung.

Baca Juga

Selain itu, Samsung juga berencana untuk meningkatkan kehadiran AI dalam asisten suara mereka, Bixby, dengan tujuan menciptakan interaksi yang lebih alami. Ini menandakan komitmen Samsung untuk mengembangkan asisten suara mereka sebagai bagian dari upaya dalam menggali potensi AI.

Sumber dari SamMobile juga menyatakan bahwa cip terbaru Exynos dan Snapdragon yang akan menggerakkan Galaxy S24 memungkinkan fitur AI tersebut berjalan lebih lancar dan cepat dibandingkan dengan chip Tensor G3 yang digunakan dalam seri Pixel 8. Namun, kabar lebih lanjut dari Samsung diperkirakan muncul setelah peluncuran ponsel ini pada tahun baru.

Google juga telah menunjukkan fokus yang besar pada fitur AI selama acara peluncuran Pixel 8 pada awal bulan ini. Mereka menghadirkan berbagai fitur menarik seperti "Now Playing”, kemampuan pengeditan foto dan video seperti "Magic Audio Eraser”, "Magic Editor”, dan "Best Take”.

Salah satu fitur favorit adalah kemampuan ponsel untuk secara otomatis mengenali musik latar saat pengguna menjalani aktivitas sehari-hari, dan kemudian mencatatnya di aplikasi "Now Playing" untuk dijelajahi nanti. Google juga memperlihatkan kemampuan terjemahan suara-ke-teks yang canggih, serta Google Terjemahan yang unik, menunjukkan bahwa ada lebih banyak hal menarik yang ditawarkan dalam kaitannya dengan fitur AI. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement