Rabu 26 Aug 2020 12:48 WIB

Fakta-Fakta Unik Galaksi Bima Sakti

Banyak hal-hal yang belum diketahui sampai sekarang mengenai galaksi Bima Sakti.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
  Hasil simulasi komputer tentang pembentukan galaksi-galaksi kerdil di sekitar Bima Sakti.
Foto:

Bima Sakti Mungkin Berada di tempat yang Besar dan Kosong di Alam Semesta

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa Bimasakti dan tetangganya sedang hidup di alam semesta. Dari kejauhan, struktur skala besar alam semesta tampak seperti jaring kosmik kolosal, dengan filamen seperti tali yang menghubungkan wilayah padat yang dipisahkan oleh rongga besar yang sebagian besar kosong.

Para astronom mencoba memotret lubang hitam monster di pusat Bima Sakti

adalah lubang hitam raksasa dengan berat 4 juta matahari. Para ilmuwan mengetahui bahwa lubang hitam itu ada karena mereka dapat melacak jalur bintang di pusat Bima Sakti dan melihat bahwa mereka tampaknya mengorbit objek supermasif yang tidak dapat dilihat.

Namun dalam beberapa tahun terakhir, para astronom telah menggabungkan pengamatan dari beberapa teleskop radio untuk mencoba dan melihat sekilas lingkungan di sekitar lubang hitam, yang dipenuhi dengan gas dan debu yang berputar di sekitar mulut lubang hitam.

Galaksi Kecil mengorbit Bima Sakti dan Terkadang Menabraknya

Ketika penjelajah Portugis Ferdinand Magellan berlayar melalui Belahan Bumi Selatan pada abad ke-16, dia dan krunya termasuk di antara orang Eropa pertama yang melaporkan gugus bintang melingkar di langit malam, menurut European Southern Observatory.

Gugus-gugus ini sebenarnya adalah galaksi-galaksi kecil yang mengorbit Bima Sakti kita seperti planet di sekitar bintang, dan mereka dinamai awan Magellan Kecil dan Besar. Banyak galaksi katai yang mengorbit kita, dan terkadang mereka dimakan oleh Bima Sakti kita yang sangat besar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement