Sabtu 05 Nov 2022 12:22 WIB

Rekor Baru! Ilmuwan Temukan Lubang Hitam Paling Dekat dengan Bumi

Lubang hitam terdekat berada dalam sistem biner dengan bintang mirip matahari.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Lubang Hitam (ilustrasi)
Foto:

Pengamatan lanjutan ini, dikombinasikan dengan data Gaia, memungkinkan tim untuk mengambil ukuran sistem secara rinci. Objek tak terlihat itu berisi massa 10 matahari dan mengorbit pusat massa sistem sekitar sekali setiap 186 hari Bumi. Objek ini bisa dipastikan merupakan lubang hitam.

“Pengamatan tindak lanjut Gemini kami mengkonfirmasi tanpa keraguan bahwa biner terdiri dari bintang normal dan setidaknya satu lubang hitam yang tidak aktif,” kata El-Badry.

Sistem Gaia BH1 menarik, dan bukan hanya karena relatif dekat dengan kita. Tim peneliti tidak yakin bagaimana bintang dan lubang hitam bisa berada di posisi mereka saat ini.

Massa Gaia BH1 menunjukkan bahwa bintang yang mati dan memunculkannya kemungkinan berukuran sangat besar, setidaknya 20 massa matahari atau lebih.

 

"Sangat menarik bahwa sistem ini tidak mudah diakomodasi oleh model evolusi biner standar," kata El-Badry. "Ini menimbulkan banyak pertanyaan tentang bagaimana sistem biner ini terbentuk, serta berapa banyak lubang hitam tidak aktif yang ada di luar sana."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement