Sabtu 22 Oct 2022 00:39 WIB

Awas! Penjahat Dunia Maya Sebarkan Trojan dengan Kedok Layanan Streaming

Penjahat dunia maya bisa mengarahkan pengguna ke halaman phishing.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi. Awas! Penjahat Dunia Maya Sebarkan Trojan dengan Kedok Layanan Streaming
Foto:

“Era platform streaming telah memberi lebih banyak ruang bagi para penjahat dunia maya untuk penipuan dan skema berbahaya lainnya. Layanan streaming sekarang memproduksi film dan serial mereka sendiri yang hanya dapat ditonton di platform tertentu, tetapi tidak semua pengguna bersedia membayar untuk berlangganan. Oleh karena itu, mereka secara aktif mencari acara untuk mengunduh episode baru dari seri yang diinginkan secara gratis di situs pihak ketiga, yang biasanya membawa risiko. Apalagi sekarang, berkedok layanan streaming, penyerang paling sering menyebarkan Trojan, mencuri data pribadi, akun, dan uang Anda dari kartu kredit,” komentar Vasily M. Kolesnikov, pakar keamanan di Kaspersky, dalam siaran pers yang diterima Republika, Rabu (19/10/2022).

Untuk menghindari menjadi program berbahaya dan penipuan, Kaspersky merekomendasikan kepada pengguna:

· Untuk mengamankan koneksi saat menonton layanan streaming dan melindungi data pribadi, opsi yang aman adalah menggunakan solusi VPN khusus yang terlindungi.

· Selain itu, jika Anda ingin dapat menonton film dan serial favorit dari mana saja di dunia, layanan VPN yang andal juga menjadi pilihan yang membantu.

· Jika Anda ragu tentang keaslian konten, hubungi penyedia hiburan Anda.

· Periksa keaslian situs web sebelum memasukkan data pribadi dan hanya gunakan halaman web resmi dan terpercaya untuk menonton atau mengunduh film. Periksa ulang format URL dan ejaan nama perusahaan.

· Perhatikan ekstensi file yang Anda download. File video tidak akan pernah memiliki ekstensi .exe atau .msi.

· Dapatkan keamanan siber lengkap plus rangkaian lengkap alat privasi. Lindungi data akun Anda, kelola kata sandi Anda dengan aman, dan jelajahi, cari, dan akses konten dengan VPN tanpa batas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement