Sabtu 23 Mar 2024 14:53 WIB

Enam Jenis Aplikasi yang Penting Dipakai Saat WFH

Penting membekali diri dengan tools yang tepat saat WFH.

Rep: Shelbi Asrianti / Red: Friska Yolandha
Work from home/bekerja di rumah
Foto: Freepik
Work from home/bekerja di rumah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bekerja dari rumah alias work from home (WFH) memiliki sejumlah manfaat. Karena tidak harus datang ke kantor, maka WFH akan menghemat waktu dan energi. Pengaturan jadwal kerja bisa lebih fleksibel, juga bebas menciptakan lingkungan bekerja yang nyaman.

Pada saat yang sama, ada juga banyak tantangan yang harus dihadapi demi mempertahankan produktivitas dan profesionalitas. Misalnya, berjuang keras untuk tetap terorganisir dan fokus di tengah segala aktivitas lain di rumah.

Baca Juga

Untuk memastikan tantangan-tantangan ini tidak menghalangi kinerja, penting untuk membekali diri dengan "alat" yang tepat. Terdapat enam jenis aplikasi yang sangat disarankan bagi siapa saja yang sedang WFH, dikutip dari laman SlashGear, Sabtu (23/3/2024).

1. Aplikasi komunikasi dan kolaborasi

Bekerja sendiri atau dalam tim, setiap karyawan butuh aplikasi komunikasi. Misalnya, aplikasi perpesanan untuk berkoordinasi mengirim berkas pekerjaan, melakukan konferensi video, hingga kolaborasi dokumen secara real time.

Banyak kantor memanfaatkan WhatsApp dan Telegram. Aplikasi untuk memfasilitasi rapat jarak jauh seperti Skype, Zoom, atau Google Meet juga perlu ada di ponsel atau perangkat lain. Ketiganya sangat memudahkan pengaturan pertemuan dan diskusi kelompok besar.

2. Manajemen tugas

Saat bekerja dari rumah dan harus menangani banyak klien atau tugas, perlu adanya sistem untuk menjaga diri dan alur kerja tetap sehat. Jika tidak, batas antara tugas bisa menjadi berantakan, lalu tenggat waktu bisa berlalu begitu saja. Tentunya, itu harus dihindari.

Alat manajemen tugas yang baik dapat membantu memecah proyek besar menjadi tugas-tugas kecil yang dapat dikelola setiap hari. Salah satu aplikasi yang populer untuk ini adalah Notion yang memiliki fitur catatan, database, kalender, pelacakan tugas, dan lainnya.

3. Manajemen berkas

Tidak ada yang ingin file atau berkas penting terselip atau hilang di ruang kerja daring. Karena itu, penting untuk mengatur supaya dokumen, presentasi, dan berkas penting lainnya mudah diakses menggunakan sistem manajemen berkas online.  

Aplikasi seperti Dropbox dan Google Drive dapat membantu karyawan yang WFH untuk menyimpan, berbagi, dan mengerjakan berkas dengan cara yang terstruktur. Pengguna dapat mengakses file di berbagai perangkat kapan saja, juga melacak perubahan pada dokumen.

Manajemen waktu....

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement