Kamis 31 Mar 2022 15:45 WIB

Teleskop Hubble Deteksi Bintang Tunggal Terjauh

Cahaya bintang Earendel membutuhkan waktu 12,9 miliar tahun untuk mencapai Bumi.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani /MGROL136/ Red: Dwi Murdaningsih
Earendel, bintang terjauh yang terdeteksi Teleskop Hubble.
Foto: hubble, NASA, ESA,
Earendel, bintang terjauh yang terdeteksi Teleskop Hubble.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teleskop Hubble menemukan bintang terjauh. Bintang itu adalah Earendel, titik cahaya kabur yang berusia 900 juta tahun setelah Big Bang.

Menurut para astronom dalam jurnal Nature, cahaya Earendel membutuhkan waktu 12,9 miliar tahun untuk mencapai Bumi karena peringkat pergeseran merahnya sebesar 6,2. Rekor Hubble sebelumnya untuk sebuah bintang tunggal, yang memiliki pergeseran merah 1,5 dan diasumsikan telah ada ketika alam semesta berusia 4 miliar tahun.

Baca Juga

 

“Biasanya pada jarak ini, seluruh galaksi terlihat seperti noda kecil, dengan cahaya dari jutaan bintang yang menyatu,” kata penulis utama Brian Welch, seorang astronom di Universitas Johns Hopkins. 

“Galaksi yang menampung bintang ini telah diperbesar dan terdistorsi oleh lensa gravitasi menjadi bulan sabit panjang yang kami beri nama Busur Matahari Terbit,” ujarnya.

Pemeriksaan lebih dekat dari busur mengungkapkan beberapa titik terang, tetapi karakteristik cahaya yang berasal dari Earendel menunjukkan pergeseran merah yang signifikan, menyiratkan jarak yang sangat jauh. Di alam semesta yang berkembang semakin cepat, semakin tinggi pergeseran merah, semakin cepat sumber cahaya menjauh dari kita.

Pengamatan dilakukan sebagai bagian dari Reionization Lensing Cluster Survey, atau RELICS, sebuah inisiatif Hubble yang dipimpin oleh rekan penulis penelitian Dan Coe dari Space Telescope Science Institute.

Para astronom di RELICS menggunakan lensa gravitasi, sebuah fenomena aneh di mana sebuah objek besar seperti gugus galaksi membelokkan dan memfokuskan cahaya dari objek yang lebih jauh. Efek pelensaan memperbesar bintang, gugus, dan galaksi yang jauh, menghasilkan gambar seperti busur.

Objek lensa dalam kasus Busur Matahari Terbit adalah WHL 0137-08, sebuah gugus galaksi di konstelasi Cetus yang berjarak sekitar 6 juta tahun cahaya.

Earendel ditemukan sebagai sistem bintang soliter daripada gugus bintang oleh para astronom.  "Awalnya, kami hampir tidak mempercayainya karena letaknya jauh lebih jauh daripada bintang terjauh sebelumnya, dengan pergeseran merah tertinggi," kata Welch.

Menurut para peneliti, Earendel memiliki massa setidaknya 50 kali lipat dari matahari kita dan memancarkan jutaan kali lebih banyak cahaya. Namun, masih banyak pertanyaan yang belum terjawab. Misalnya, apakah itu benar-benar bintang soliter atau sistem multi-bintang? Apakah itu mengandung bahan yang sama yang terbuat dari bintang-bintang yang lebih dekat?

Earendel bisa menjadi contoh pertama yang diketahui dari generasi pertama bintang yang tercipta setelah Big Bang jika secara eksklusif mencakup elemen fundamental hidrogen dan helium.

Teleskop Luar Angkasa Hubble, yang berusia 32 tahun, tidak mampu memecahkan masalah seperti itu, tetapi Teleskop Luar Angkasa James Webb, yang baru-baru ini diluncurkan, mungkin dapat membantu.

“Dengan Webb, kami berharap untuk memastikan bahwa Earendel memang sebuah bintang, serta mengukur kecerahan dan suhunya,” kata Coe.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement