Kamis 31 Mar 2022 15:15 WIB

10 Ilmuwan Perempuan yang Temuannya Mengubah Dunia

Banyak sekali penemuan dari para wanita hebat yang benar-benar mengubah dunia.

Rep: mgrol136/Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Marie Curie
Foto: Flickr Commons
Marie Curie

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perempuan memiliki peranan penting dalam berbagai bidang. Pun di bidang sains dan teknologi, kiprah perempuan tak bisa dipandang sebelah mata. 

Berikut ini adalah perempuan-perempuan yang telah menentang stereotip gender dengan menciptakan produk dan layanan yang telah mengubah dunia.

Baca Juga

Hedy Lamarr, 1914-2000 

Hedy Lamarr terkenal dengan sebutan “The mother of wi-fi” atau penemu wi-fi. Selain akting dan kecantikannya, ia juga mendapat pujian dari penemuan wi-fi.

Lemarr bersama dengan ilmuwan lain bernama George Antheil datang dengan sistem frekuensi hopping untuk memandu torpedo sehingga memungkinkan torpedo menemukan target dan mencegah intersepsi. Meskipun paten mereka berakhir beberapa dekade yang lalu, teknologi Lemarr dan Antheil sekarang digunakan di banyak teknologi penting, seperti wi-fi, GPS, dan banyak lagi.

Ada Lovelace, 1815-1852 (The first Computer Algorithm)

Ada Lovelace memberikan kontribusi yang signifikan di bidang komputer pada pertengahan 1800-an, ketika tidak umum bagi seorang wanita untuk mempelajari mata pelajaran matematika dan sains. Lovelace telah dijuluki "programmer komputer pertama" sejak dia menerjemahkan dan membuat anotasi sebuah karya tentang mesin analitik.

Dia menambahkan algoritma dalam catatannya yang memungkinkan mesin menghitung angka Bernoulli. Ini dianggap sebagai algoritma pertama yang pernah diterbitkan.

Margaret A. Wilcox (Car Heater)

Margaret Wilcox menerima paten pada tahun 1893 untuk pemanas mobil yang memanfaatkan panas mesin untuk menghangatkan interior kendaraan. Metode pemanasan Wilcox akhirnya diterapkan di mobil pada akhir 1920-an, namun butuh beberapa waktu bagi sistem untuk mencapai kesuksesan komersial. Meskipun penghangat mobil saat ini lebih maju, penemuan brilian Wilcox tentu membantu dalam membuka jalan menuju teknologi yang ada saat ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement