Rabu 19 Jul 2023 15:48 WIB

Begini Penampakan Galaksi Spiral yang Menakjubkan

Teleskop Luar Angkasa Hubble menunjukkan galaksi jauh yang indah.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Teleskop Luar Angkasa Hubble mengungkap keberadaan galaksi yang dikenal sebagai UGC 11860.
Foto: Space.com
Teleskop Luar Angkasa Hubble mengungkap keberadaan galaksi yang dikenal sebagai UGC 11860.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Sebuah foto baru yang mempesona dari Teleskop Luar Angkasa Hubble menunjukkan galaksi jauh yang menjadi tuan rumah ledakan supernova belum lama ini. Galaksi unggulan ini dikenal sebagai UGC 11860.

UGC 11860, terletak kira-kira 184 juta tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Pegasus. Dilansir dari Space, Rabu (19/7/2023), galaksi ini adalah galaksi spiral seperti Bima Sakti kita sendiri, memamerkan lengan-lengan tanda yang melengkung keluar dari wilayah pusatnya yang padat dan terang.

Baca Juga

UGC 11860 tampak mengapung dengan tenang di luar angkasa dalam foto baru Hubble, yang dibagikan Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) pada 7 Juli. Namun, menurut pernyataan dari badan antariksa tersebut, baru-baru ini terjadi “ledakan bintang yang sangat energik.”

Ketika sebuah bintang masif mencapai akhir hidupnya, ia mati dalam ledakan dramatis yang disebut supernova. Supernova sangat bercahaya dan kuat, meledakkan material dalam jumlah besar ke luar angkasa dan menciptakan tempurung gas dan debu yang mengembang yang dapat diamati sebagai sisa supernova.

Pejabat NASA dalam pernyataan tersebut mengatakan proses yang sangat energik selama ledakan supernova sebagian besar bertanggung jawab atas penempaan unsur-unsur antara silikon dan nikel pada tabel periodik.

“Ini berarti bahwa memahami pengaruh massa dan komposisi sistem bintang nenek moyang sangat penting untuk menjelaskan berapa banyak unsur kimia di Bumi ini berasal,” ujarnya

Pengamatan UGC 11860 dilakukan pada tahun 2014, menggunakan Wide Field Camera 3 Hubble. Data dari teleskop luar angkasa memungkinkan para astronom untuk mempelajari akibat dari ledakan bintang dan sisa-sisa yang tersisa di galaksi.

Pengamatan sisa-sisa supernova seperti yang ada di UGC 11860 dapat membantu para astronom mempelajari lebih lanjut tentang sistem bintang yang menjadi bahan bakar ledakan kosmik tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement