Ahad 13 Mar 2022 17:58 WIB

Teleskop Luar Angkasa Hubble Abadikan Dua ‘Galaksi Menari’

Teleskop Luar Angkasa Hubble baru saja memotret dua galaksi ‘menari’.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Agung Sasongko
Teleskop Luar Angkasa Hubble menunjukkan tiga galaksi yang sedang dalam proses penggabungan menjadi satu, yang disebut IC 2431.
Foto: esa/hubble/nasa
Teleskop Luar Angkasa Hubble menunjukkan tiga galaksi yang sedang dalam proses penggabungan menjadi satu, yang disebut IC 2431.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Teleskop Luar Angkasa Hubble baru saja memotret dua galaksi ‘menari’ dalam detail tiga dimensi yang luar biasa. Dua galaksi ini berada jauh di dalam konstelasi Andromeda, sekitar 320 juta tahun cahaya.

Kedua galaksi tersebut adalah galaksi cincin kutub yang lebih kecil IC 1559 (atas) dan galaksi spiral yang lebih besar NGC 169 (bawah). Secara kolektif, mereka dikenal sebagai Arp 282, sebagaimana ditunjuk dalam Atlas Galaksi Aneh Halton Arp.

Baca Juga

Bukan hal yang aneh bagi galaksi untuk berinteraksi secara gravitasi.

“Para astronom sekarang menerima bahwa aspek penting dari bagaimana galaksi berevolusi adalah cara mereka berinteraksi satu sama lain,” tulis pejabat NASA dalam sebuah pernyataan, dilansir dari Space, Ahad (13/3/2022).

“Galaksi dapat bergabung, bertabrakan, atau melewati satu sama lain- setiap interaksi secara signifikan memengaruhi bentuk dan strukturnya.”

Akan tetapi, sulit untuk memotret interaksi semacam itu dengan cara yang dengan jelas menunjukkan pergerakannya dalam ruang tiga dimensi. Dalam kasus Arp 282, Hubble berada pada sudut yang sempurna untuk menangkap untaian bintang, debu, dan gas yang ditarik oleh gaya pasang surut dari satu sistem ke sistem lainnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement