Selasa 26 Dec 2023 20:49 WIB

Ini Lima Penemuan Planet Ekstrasurya yang Mengejutkan Ilmuwan di 2023

Tahun ini para ilmuwan planet menambahkan sejumlah dunia baru ke katalog ekstrasurya.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Penampakan Planes Smertrios.
Foto: James Webb Space Telescope via Space
Penampakan Planes Smertrios.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sepanjang tahun 2023, para ilmuwan membuat beberapa penemuan planet ekstrasurya yang cukup mengejutkan. Tahun ini para ilmuwan planet menambahkan sejumlah dunia baru yang menarik ke dalam 5.000+ katalog planet ekstrasurya yang terus bertambah.

Hal itu di antara planet-planet yang belum pernah dilihat oleh manusia sebelumnya. Berikut lima dari 10 tinjauan beberapa penemuan planet ekstrasurya yang menonjol pada tahun 2023, seperti dilansir dari laman Space, Selasa (26/12/2023).

1. JWST Identifikasi Exoplanet Smertrios

Awal tahun ini, pengamatan yang dilakukan dengan James Webb Space Telescope (JWST) mengkonfirmasi keberadaan unsur berat, karbon dan oksigen, di atmosfer planet ekstrasurya HD149026b yang jauh. Planet ini lebih dikenal dengan nama Smertrios.

Penemuan ini mengejutkan para astronom, karena gas raksasa dari tata surya, seperti Jupiter dan Saturnus, sebagian besar hanya menampung hidrogen dan helium di atmosfernya. Aturan umumnya adalah, semakin besar suatu planet, semakin sedikit unsur berat di atmosfernya. Penemuan ini membalikkan gagasan tersebut. Temuan itu menjadi exoplanet Jupiter panas dengan atmosfer yang di luar dugaan.

2. TESS Tambah Satu Planet TOI-4600c

Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) NASA telah menambahkan sekitar 2.000 dunia ke dalam menu exoplanet. Namun, ada satu planet tertentu, raksasa gas bernama TOI-4600c yang menarik perhatian para ilmuwan planet.

Sebagian besar exoplanet yang ditemukan mengorbit sangat dekat dengan bintang asalnya, namun TOI-4600c mengorbit bintangnya setiap 482,82 hari atau 16 bulan. Ini menjadikannya tahun terpanjang dibandingkan planet mana pun yang ditemukan oleh TESS. Suhu permukaan planet raksasa gas ini juga mencapai minus 78 derajat Celcius.

Lanjut di halaman berikutnya....