Jumat 11 Mar 2022 12:04 WIB

Startup Ini Buat Prototipe Robot Pengangkut Kargo dan Manusia di Bulan, Seperti Apa?

Rover kemungkinan akan dibuat dalam dekade mendatang.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Prototipe rover yang digunakan sebagai kargo di Bulan.
Foto:

Kiprah CEO Astrolab

Matthews mengatakan dia berharap rover FLEX akan ada di sana pada saat upaya itu benar-benar meningkat. Matthews memiliki sejarah panjang bekerja dengan rover.

Dia memulai kariernya di Laboratorium Propulsi Jet NASA, di mana dia bekerja pada rover Spirit dan Opportunity kembar yang diluncurkan ke Mars pada tahun 2003. Dia kemudian pindah ke SpaceX, bekerja di perusahaan  pesawat ruang angkasa Crew Dragon dan teknologi yang dibutuhkan untuk berlabuh ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Dia sekarang membawa keahliannya ke perusahaan barunya, Astrolab, yang dibentuk bersama para pendirinya pada Januari 2020.

Astrolab telah membangun prototipe FLEX skala penuh, yang baru-baru ini diuji oleh perusahaan di gurun California dekat Death Valley. Mantan astronaut Chris Hadfield, yang berada di dewan penasihat Astrolab, bahkan mengambil rover untuk berputar, memberikan nasihatnya tentang bagaimana desain kendaraan bertahan.

Astrolab ingin FLEX dapat membawa kargo sebanyak mungkin, itulah sebabnya perusahaan menggunakan desain modular. Matthews menyamakan dengan bagaimana kontainer pengiriman di Bumi dibuat dengan standar internasional tertentu.

Dia berharap pada akhirnya kita akan membuat standar serupa untuk kargo di Bulan. “Anda memiliki semua jenis kontainer yang bergerak mulus melalui rantai pasokan global dan itu adalah model yang sangat efisien di mana semua infrastruktur ini dirancang untuk bekerja sama. Jadi kami pikir pendekatan itu masuk akal untuk dibawa ke Bulan dan Mars,” kata Matthews.

Matthews  mengatakan mereka belajar banyak dari uji lapangan mereka dengan prototipe FLEX. Pada akhirnya, prototipe dibangun untuk medan Bumi, jadi peralatannya jauh “lebih kuat” daripada untuk lingkungan bulan, yang memiliki seperenam gravitasi planet kita.

Perusahaan mengatakan rover terakhir harus memiliki berat sekitar 500 kilogram, dan akan dibangun khusus untuk menangani medan bulan. “Kami ingin perangkat kerasnya menjadi sangat kuat sehingga mereka pada dasarnya dapat mengendarainya seperti mereka mencurinya dan tidak perlu khawatir tentang itu,” kata Matthews.

 

Ketika selesai, FLEX seharusnya dapat diluncurkan pada beberapa jenis roket dan pendarat. Matthews mengutip startup pendarat Griffin Astrobotic, yang seharusnya membawa rover NASA ke Bulan, sebagai perjalanan potensial untuk FELX.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement