Jumat 28 Jan 2022 22:19 WIB

Astronom Deteksi Objek Kosmik Kuat di Galaksi Bima Sakti

Objek kosmik kuat ini menyemburkan energi besar ke bumi tiga kali dalam satu jam.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nora Azizah
Para astronom telah menemukan objek misterius yang berkedip-kedip di galaksi Bima Sakti.
Foto:

Cahaya terakhir dari bintang yang hampir mati

Transien biasanya datang dalam dua varietas. “Transien lambat” dapat muncul selama beberapa hari, lalu menghilang setelah beberapa bulan. Ini termasuk supernova-yang menyala terang saat bintang-bintang sekarat melepaskan atmosfer luarnya dalam ledakan dahsyat, kemudian secara bertahap meredup saat sisa-sisa bintang turun suhunya.

Lalu, ada “transien cepat”, yang berkedip-kedip setiap beberapa milidetik. Ini termasuk benda-benda seperti pulsar-bintang neutron berputar sangat cepat saat berkedip dengan emisi radio terang yang dihasilkan oleh medan magnet bintang mati.

Penulis studi baru sedang mencari transien seperti ini menggunakan teleskop radio Murchison Widefield Array (MWA) di pedalaman Australia, ketika mereka menemukan GLEAM. Kedip nyala-mati terlalu cepat untuk menjadi supernova dan terlalu lambat untuk menjadi pulsar;Pola cerah GLEAM selama satu menit menentang penjelasan, kata para peneliti.

Analisis objek menunjukkan bahwa itu sangat terang tetapi lebih kecil dari matahari Bumi. Emisi radio GLEAM juga sangat terpolarisasi (yaitu, gelombang cahayanya hanya bergetar pada satu bidang), menunjukkan bahwa mereka dihasilkan oleh medan magnet yang sangat kuat, menurut penulis penelitian.

Karakteristik ini cocok dengan jenis objek teoritis yang dikenal sebagai “magnetar periode sangat panjang”, yang pada dasarnya adalah bintang neutron bermagnet tinggi yang berputar sangat lambat. Meskipun diprediksi ada, kelas objek langka ini belum pernah diamati di luar angkasa sebelumnya, kata para peneliti.

“Tidak ada yang mengharapkan untuk secara langsung mendeteksi satu seperti ini karena kami tidak mengharapkan mereka menjadi begitu terang,” kata Hurley-Walker. “Entah bagaimana itu mengubah energi magnet menjadi gelombang radio jauh lebih efektif daripada apa pun yang pernah kita lihat sebelumnya,” ujarnya lagi.

Mungkin ada penjelasan lain untuk GLEAM yang misterius juga, tambah para peneliti. Ini bisa menjadi jenis langka bintang kerdil putih (kulit keriput dari bintang mati yang tidak cukup besar untuk runtuh menjadi bintang neutron), yang sangat jarang dapat memancarkan emisi radio dengan menyedot materi dari bintang pendamping biner. Bintang seperti itu mungkin tampak berdenyut seperti GLEAM, jika diputar pada kecepatan yang tepat, kata tim tersebut.

Pengamatan lebih lanjut di pita spektrum elektromagnetik lain diperlukan untuk memecahkan misteri bintang ini. Sekarang setelah GLEAM terdeteksi, para peneliti juga menggali pengamatan arsip dari MWA untuk melihat apakah ada objek serupa yang pernah muncul.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement