Ahad 14 Nov 2021 07:45 WIB

Pengorbit Mars Tianwen 1 Ubah Orbit Mulai Survei Planet

Tianwen 1 dan Zhurong diluncurkan bersama pada 23 Juli 2020.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Ani Nursalikah
Pengorbit Mars Tianwen 1 Ubah Orbit Mulai Survei Planet. Foto Tianwen-1 dalam perjalanan menuju Mars.
Foto:

Tianwen 1 juga membawa spektrometer mineralogi untuk merinci komposisi permukaan, penganalisis partikel untuk studi atmosfer dan magnetometer. Orbitnya melewati kutub yang berarti bahwa, seiring waktu saat pesawat ruang angkasa mengorbit dan planet berputar, Tianwen 1 akan dapat mensurvei seluruh permukaan planet.

Pesawat ruang angkasa ini memiliki masa pakai desain dua tahun (Bumi), tetapi Tianwen 1 dapat diatur untuk aktivitas yang diperpanjang. “Pada akhir tahun depan ketika masa depan pengorbit berakhir, kami akan merancang misi baru berdasarkan kondisi spesifik pengorbit, dan kemudian akan menurunkan orbitnya untuk pengamatan lebih dekat Mars dan mendapatkan lebih banyak eksplorasi data,” Zhu Xinbo, wakil kepala desainer pengorbit, mengatakan kepada CCTV.

Data dari Tianwen 1 juga akan digunakan untuk menginformasikan dan merencanakan misi Mars di masa depan, termasuk upaya pengembalian sampel Mars China yang dapat diluncurkan segera pada 2028. Zhurong sementara itu melanjutkan perjalanannya ke selatan dari platform pendaratannya, dan telah menempuh total 1.253 meter.

Ini berarti kendaraan bertenaga surya seberat 240 kg telah menempuh 71 meter sejak melanjutkan aktivitas setelah pemadaman komunikasi Mars baru-baru ini yang disebabkan oleh konjungsi matahari. Zhurong sekarang mendekati palung yang dipenuhi sentimen setelah melakukan penghampiran dekat ke bukit pasir kecil, menurut peta rute baru yang dirilis oleh Administrasi Luar Angkasa Nasional China (CNSA).

Pada Ahad (7/11) Mars Express ESA melakukan upaya pertama menerima data dari Zhurong dan kemudian mengirimkan kembali informasi tersebut ke Bumi sebagai bagian dari serangkaian lima tes dengan Zhurong. Sesi tinjauan teknis ditetapkan pada Rabu (10/11) untuk menilai kinerja uji coba transmisi data pertama.

Tianwen 1 dan Zhurong diluncurkan bersama pada 23 Juli 2020. Pasangan ini memasuki orbit 10 Februari tahun ini, dengan Zhurong mendarat pada 14 Mei dan meluncur turun dari platform pendaratannya ke permukaan Mars pada 22 Mei.

 

https://www.space.com/china-tianwen-1-mars-orbiter-planet-survey

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement