Jumat 22 Mar 2024 20:37 WIB

Setelah Ingenuity, Bagaimana Ilmuwan Bisa Kembali Mencapai Langit Mars 

NASA mengembangkan Mars Aerial and Ground Intelligent Explorer untuk misi lanjutan.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Friska Yolandha
Helikopter Ingenuity NASA dan JPL di permukaan Mars seperti yang terlihat oleh kamera Mastcam-Z milik penjelajah Perseverance pada 4 Februari 2024.
Foto: NASA
Helikopter Ingenuity NASA dan JPL di permukaan Mars seperti yang terlihat oleh kamera Mastcam-Z milik penjelajah Perseverance pada 4 Februari 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah video baru telah hadir, berisi animasi yang memperlihatkan kendaraan terbang robotik dengan 18 baling-baling. Kendaraan terbang tersebut dapat tiba di Mars suatu hari nanti dan mulai menjelajahi planet merah itu dari ketinggian langitnya.

MAGGIE atau Mars Aerial and Ground Intelligent Explorer, dipilih oleh program Innovative Advanced Concepts (NIAC) NASA untuk pengembangan fase 1 pada Januari 2024. Ini berarti tim di balik MAGGIE, yang berasal dari Jet Propulsion Laboratory, Universitas Purdue, dan perusahaan rintisan dirgantara CoFlow Jet, akan menerima dana untuk mengembangkan lebih lanjut teknologi mutakhir yang diperlukan untuk mewujudkan MAGGIE.

Baca Juga

Video animasi terbaru itu menggambarkan peluncuran roket MAGGIE yang akan membawanya ke Mars selama delapan bulan. Sesampainya di sana, ia turun melalui atmosfer Mars yang tipis sambil terkurung dalam pelindung panas, kejatuhannya akan diperlambat oleh parasut.

Kemudian, pelindung panas dan parasut dilepaskan bersama dan peralatan derek langit bertenaga roket retro, seperti yang mengantarkan penjelajah Curiosity dan Perseverance ke Mars, dalam menyelesaikan pendaratan.

Setelah MAGGIE ditarik ke permukaan oleh sky crane, 18 baling-balingnya beraksi dengan energi yang dihasilkan dari panel surya yang melapisi badan pesawat MAGGIE yang besar dan bersayap. Kemudi pada sayap dapat mengarahkan daya dorong, memungkinkan lepas landas dan mendarat secara vertikal (VTOL).

Kemampuan yang direncanakan MAGGIE sangat mengesankan. Misalnya, ia akan dibuat untuk mencapai Mach 0,25 dengan baterai yang terisi penuh. Di atmosfer Mars yang rapuh, Mach 1 (kecepatan suara) lebih lambat dibandingkan di Bumi, dan diperkirakan mencapai 879,3 kilometer per jam di permukaan tanah. 

Oleh karena itu, Mach 0,25 pada ketinggian jelajah MAGGIE 1 kilometer (0,6 mil) adalah sekitar 210 kpj (130 mph). Waktu yang dihabiskan MAGGIE di langit Mars akan dibatasi oleh panel surya yang hanya akan berfungsi pada siang hari dan memerlukan waktu untuk mengisi daya di pagi hari, namun total jangkauan MAGGIE dalam satu tahun Mars (687 hari Bumi) adalah 16.048 kilometer.

Kecepatan ini bisa dicapai berkat teknologi CoFlow Jet yang dipatenkan, yang dilengkapi serangkaian kompresor udara yang terpasang di sayap kendaraan yang menyedot sejumlah kecil udara dari bagian belakang sayap, lalu meniupkannya ke luar bagian depan sayap.

Mekanisme ini berfungsi untuk....

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement