Jumat 05 Nov 2021 05:34 WIB

Ilmuwan Ungkap Bentuk Aneh di Pusat Galaksi Andromeda

Galaksi Andromeda memiliki gugusan bintang yang memanjang di pusatnya.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/Puti Almas/Meuliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Warna-warni cincin andromeda
Foto:

Evolusi Galaksi

Evolusi galaksi dan asal usul galaksi memang masih menjadi misteri. Seperti Andromeda, galaksi kita yakni Bima Sakti pun menyimpan jutaan misteri. Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) sedang mengembangkan teleskop ruang angkasa yang bisa mengamati evolusi galaksi Bima Sakti. Teleskop tersebut akan diluncurkan tahun 2025 nanti.

 

Teleskop yang disebut Compton Spectrometer and Imager (COSI) adalah teleskop sinar gamma yang akan mengamati pembentukan unsur kimia di Bima Sakti. Selain itu, para ilmuwan bisa mempelajari kelahiran dan kematian bintang.

Untuk menemukan unsur kimia ini, COSI akan melihat sinar gamma yang berasal dari ledakan bintang masif. Ini akan membantu untuk membuat peta unsur kimia yang dilepaskan dari ledakan dan tempat bintang terbentuk di seluruh Bima Sakti.

Inisiatif COSI berasal dari salah satu dari 18 proposal yang diajukan ke Program Penjelajah Astrofisika NASA pada 2019. Sekarang, teleskop telah dipilih untuk pengembangan lebih lanjut. Misi ini diperkirakan menelan biaya 145 juta dolar Amerika, belum termasuk peluncuran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement