Kamis 01 Apr 2021 01:17 WIB

Ilmuwan Temukan Lubang Hitam Supermasif yang Sedang Bergerak

Ilmuwan mendapati lubang hitam dengan massa 3 juta matahari bergerak 177 ribu km/jam.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Lubang Hitam.

Mengapa lubang hitam supermasif bergerak?

Dilansir Earth Sky,ilmuwan sedang mencari tahu penyebab lubang hitam ini bergerak. Ilmuwan mengungkapkan ada tige kemungkinan.

Anggota tim Jim Condon menjelaskan satu kemungkinan bahwa pergerakan ini akibat dari penggabungan dua lubang hitam.

Hasil dari penggabungan tersebut dapat menyebabkan lubang hitam supermasif. Penggabungan tersebut kemudian dapat menyebabkan lubang hitam yang baru lahir tampak terlihat bergerak.

Namun, itu bukan satu-satunya kemungkinan. Kemungkinan kedua, para ilmuwan mungkin menemukan sistem lubang hitam supermasif biner (dua lubang hitam).

Kepala astronom di Harvard Smithsonian Center for Astrophysics, Dominic Pesce mengatakan para ilmuwan mengalami kesulitan untuk mengidentifikasi contoh yang jelas dari lubang hitam supermasif biner. Apa yang bisa dilihat di galaksi J0437 + 2456 adalah salah satu lubang hitam berpasangan, dengan lubang hitam lainnya yang tersisa tersembunyi dari pengamatan radio karena kurangnya emisi maser.

Selain itu, ada kemungkinan ketiga. Lubang hitam supermasif bisa jadi berasal dari galaksi lain yang sedang dalam proses penggabungan dengan galaksi J0437 + 2456. Jadi, meskipun sekarang kita melihat lubang hitam di dalam galaksi J0437 + 2456, J0437 + 2456 mungkin bukan galaksi asal lubang hitam tersebut.

Para astronom meminta lebih banyak pengamatan, untuk mencari tahu apa yang sedang terjadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement