Jumat 23 Feb 2024 13:59 WIB

Lubang Hitam Paling Lapar Ini Telan Satu Matahari Setiap Hari

Lubang hitam ini memiliki massa yang mencapai sekitar 17 miliar matahari.

Rep: Santi Sopia / Red: Friska Yolandha
Visualisasi NASA tentang lubang hitam supermasif.
Foto: NASA's Goddard Space Flight Center Conceptual
Visualisasi NASA tentang lubang hitam supermasif.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lubang hitam di pusat galaksi quasar yang disebut J0529-4351 menghabiskan begitu banyak materi sehingga pada dasarnya menelan gas dan debu senilai satu matahari setiap harinya. Lubang hitam ini memiliki massa yang mencapai sekitar 17 miliar matahari.

"Itu adalah lubang hitam paling lapar yang pernah kami temukan," kata tim astronom yang dipimpin oleh Christian Wolf dari Australian National University, dikutip dari Science Alert, Jumat (23/2/2024).

Hal itu berkembang sangat cepat hingga mendekati batas maksimum jumlah material yang dapat dikumpulkan. Ini mewakili laboratorium yang menarik untuk memahami bagaimana lubang hitam supermasif tumbuh dan berevolusi pada skala yang paling ekstrim, di samping itu merupakan sesuatu luar biasa.

Lubang hitam supermasif adalah sebuah proposisi yang mencengangkan. Sebab itu adalah lubang hitam yang massanya jutaan hingga miliaran kali lipat massa Matahari, dan biasanya dapat ditemukan di pusat galaksi, gumpalan gravitasi raksasa tempat seluruh benda berputar.

Masalahnya, para ilmuwan tidak benar-benar mengetahui cara spesifik lubang itu bekerja. Lubang hitam yang jauh lebih kecil dengan  massa hanya beberapa puluh kali massa Matahari, terbentuk dari keruntuhan langsung inti bintang masif ketika mati, dan dapat tumbuh melalui tumbukan dengan lubang hitam bermassa bintang lainnya.

Namun lubang hitam supermasif, sebenarnya, terlalu besar untuk membuat saluran pembentukan ini menjadi efisien, terutama pada awal sejarah alam semesta.

Ada jalur pembentukan teoretis lainnya, namun salah satu cara agar bisa lebih memahami bagaimana lubang hitam supermasif menjadi begitu tebal adalah dengan mencari lubang hitam yang sedang tumbuh, dan mempelajarinya. Di sinilah quasar, seperti J0529-4351 berperan sebagai galaksi dengan lubang hitam di pusatnya yang menelan banyak materi.

Lubang hitam berada di tengah-tengah massa material yang sangat besar, bergolak, dan berputar yang berputar di sekitar lubang hitam, mengalir ke dalamnya seperti air yang mengalir ke saluran pembuangan.

Gesekan dan gravitasi yang kuat....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement