Kamis 25 Mar 2021 14:39 WIB

Ilmuwan Ungkap Medan Magnet Ekstrem di Foto Lubang Hitam EHT

Banyak misteri yang tersembunyi dari foto pertama lubang hitam pertama dari EHT.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Foto lubang hitam pertama yang berhasil ditangkap ilmuwan.
Foto:

Medan magnet yang paling dekat dengan lubang hitam mungkin sangat ekstrim, sehingga mereka meledakkan materi dari tepi dan memfokuskannya ke dalam jet besar yang diamati berasal dari Messier 87.

Event Horizon Telescope bukanlah teleskop tunggal, tetapi serangkaian delapan teleskop berbasis Bumi yang terletak di seluruh dunia. Ini adalah "teleskop virtual", sebesar Bumi, yang menangkap cahaya yang keluar dari sekitar M87 *, memberikan jenis resolusi yang diperlukan untuk menyelesaikan fitur-fitur ini, meskipun jaraknya jutaan tahun cahaya.

Satu teleskop khusus yang merupakan bagian dari kolaborasi tersebut, Atacama Large Millimeter / submillimeter Array (ALMA) di Chili, juga memberikan tampilan yang menakjubkan pada jet lubang hitam dalam cahaya terpolarisasi, yang menampilkan garis medan magnet.

Ia juga mengamati Sgr A *, lubang hitam di pusat Bima Sakti, dan belasan lubang hitam supermasif lainnya, menemukan bahwa makhluk yang sangat terang dengan jet yang mengarah langsung ke Bumi (dikenal sebagai "blazar") sangat terpolarisasi, yang dihipotesiskan oleh para peneliti kemungkinan karena arah yang mereka hadapi.

Gambar pertama lubang hitam memukau, tetapi masih banyak lagi misteri yang harus diungkap.  EHT akan memberikan kesempatan lebih lanjut untuk mempelajari wilayah yang paling dekat dengan M87 * dan Sgr A * karena semakin banyak observatorium ditambahkan dan jaringan ditingkatkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement