Kamis 21 Jan 2021 15:22 WIB

LG akan Hengkang dari Bisnis Smartphone?

Bisnis smartphone LG telah rugi selama 14 kuartal berturut-turut.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
LG Wing dibanderol harga 1.098.900 won atau sekitar Rp 14 juta.
Foto:

LG berhasil merilis satu ponsel “wow-factor” tahun lalu, yakni layar ganda LG Wing 5G pada Oktober tahun lalu. Ini merupakan alternatif yang lebih murah untuk menyaingi ponsel lipat. Handset ini, meskipun menarik perhatian dan kurang mendukung aplikasi pihak ketiga, umumnya diterima  dengan baik oleh pengulas. Sayangnya, satu telepon tidak dapat membalikkan penurunan langsung selama beberapa tahun, yang tidak diragukan lagi diperburuk oleh kebangkitan Xiaomi dan BBK Electronics China.

LG adalah salah satu pengadopsi Android paling awal mengarungi dunia pada akhir 2009 dengan nama LG-GW620. Saat itu, secara bersamaan bertaruh dengan beberapa perangkat Windows Phone.

LG telah mengalami beberapa sukses besar, bermitra dengan Google pada tiga perangkat Nexus-nya (4,5 dan 5X). Tetapi kesalahannya terbukti jauh lebih mudah diingat. Beberapa ponsel terlalu eksperimental untuk audiens umum, seperti LG G5 modular.

Masalah kontrol kualitas juga tidak membantu. Cacat produksi di beberapa ponsel LG yang dijual antara 2015 dan 2016 akan menyebabkan perangkat memasuki bootloop yang tidak terhindarkan. Perbaikan perangkat lunak menyembuhkan beberapa ponsel, tetapi yang lain harus ditarik kembali, melukai citra publik LG dan mendorong litigasi gugatan kelompok.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement